Desain Interior Ruang Kreatif Media Video Dengan Konsep Urban Sebagai Usaha Mengembangkan Industri Kreatif

Andra, Dea (2016) Desain Interior Ruang Kreatif Media Video Dengan Konsep Urban Sebagai Usaha Mengembangkan Industri Kreatif. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3412100107-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan Indonesia salah satu ujung tombak perekonomian Indonesia adalah industri kreatif. Menurut menteri perdagangan, industri kreatif dibedakan menjadi 14 subsektor, salah satunya adalah media video. Video sendiri sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi masyarakat perkotaan yang terus mengikuti perkembangan jaman. Kebutuhan akan media video untuk membantu aktivitas masyarakat mulai berkembang pesat, baik digunakan sebagai media mencari serta memberikan informasi, hiburan, refrensi, maupun bisnis. Isu mengenai MEA terus berkembang pesat dan berbagai negara dia Asia sibuk mengembangkan industri kreatif dengan memaksimalkan sumber daya manusia yang kreatif serta menggunakan video sebagai media mengembangkan industri kreatif. Namun masyrakat Indonesia masih belum banyak yang menguasai proses pembuatan video kreatif, sedangkan minat hanya melihat video cukup tinggi. Berdasarkan fenomena tersebut masyarakat perkotaan seperti Yogyakarta dan kota besar lainnya membutuhkan sebuah ruang yang mampu membantu proses pembuatan video kreatif. Ruang kreatif media video yang berada di Yogyakarta dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengahadapi fenomena yang ada. Ruang kreatif ini bertujuan untuk memberikan fasilitas dalam proses pembuatan video kreatif yang dapat mendukung industri kreatif subsektor videografi. Konsep yang dihadirkan pada ruang kreatif media video ini adalah urban, dengan membawa karakteristik dari konsep urban yang dinamis, fleksibel, dan multifungsi yang membantu proses pembuatan video, serta dikombinasikan dengan sentuhan modern yang menggunakan tekhnologi terbaru seperti hologram, mapping dan interactive wall. Penggunaan warna cerah dan memberikan elemen kreatif pada setiap ruang sebagai salah satu aspek yang sangat diperhatikan, diharapkan dapat memberikan nuansa kreatif dan menarik masyarakat Indonesia untuk membuat video kreatif ====================================================================================================== In Indonesia the development of one of the spearheads of the Indonesian economy is the creative industry. According to the minister of commerce, the creative industries are divided into 14 sub-sectors, one of which is the video . Video itself is very well known by the people of Indonesia, especially for urban communities who continue to follow the development era. The need for video media to help the community activities began to grow rapidly, both used as a medium for seeking and providing information, entertainment, reference, and business. The issue of MEA continues to grow rapidly and various Asian countries are busy developing her creative industries by maximizing the creative human resources and using video as a medium to develop creative industries. But the Indonesian society is still not a lot to master the creative process of making the video, while the interest only see the video is quite high. Based on the phenomenon of urban communities such as Yogyakarta and other large cities require a space which can help the process of making creative video. Video media creative space located in Yogyakarta can be used as alternatives to confront the phenomenon exists. Creative space aims to provide facilities in the creative process of making videos that can support the creative industry sub-sector videography. The concept presented in this video media creative space is urban, with the characteristics of the urban concept of a dynamic, flexible and multifunctional that helps the process of making the video, and combined with a modern touch using the latest technology such as holograms, mapping and interactive wall. The use of bright colors and give a creative element in every room as one of the aspects are concerned, is expected to give the feel of creative and interesting people of Indonesia to make a creative video

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDI 747.852 And d
Uncontrolled Keywords: Ruang kreatif, Urban, Video, Industri kreatif
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1992.94 Video recordings--Production and direction.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 03 Jul 2020 09:39
Last Modified: 03 Jul 2020 09:39
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76298

Actions (login required)

View Item View Item