Pengukuran Keserupaan Struktural dan Semantik Pada Diagram UML Kasus Penggunaan

Arifin, Mohammad Nazir Arifin (2020) Pengukuran Keserupaan Struktural dan Semantik Pada Diagram UML Kasus Penggunaan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
05111650010014-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan ulang perangkat lunak memiliki beberapa manfaat mulai dari mengurangi biaya dan risiko, mempercepat pengembangan, dan tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas perangkat lunak. Pada tahap awal pengembangan perangkat lunak, menggunakan kembali artefak perangkat lunak yang ada dapat meningkatkan manfaat penggunaan ulang perangkat lunak dikarenakan penggunaan artefak yang lebih matang dari artefak sebelumnya. Terdapat beberapa penelitian sebelumnya yang mengukur keserupaan artefak diagram UML untuk meningkatkan peluang penggunaan ulang artefak perangkat lunak. Penelitian ini mengajukan suatu metode untuk mengukur keserupaan diagram kasus penggunaan (Use Case) menggunakan aspek struktural dan semantik. Untuk pengukuran keserupaan struktural digunakan Graph Edit Distance dan untuk keserupaan semantik digunakan kombinasi WordNet, WuPalmer dan Levenshtein. Pengukuran keserupaan struktural dilakukan dengan mengubah setiap aktor dan kasus penggunaan menjadi simpul dari graf, sedangkan pengukuran keserupaan semantik diperoleh dari nama atau properti dari aktor dan kasus penggunaan. Pengujian dilakukan pada sepuluh dataset dan hasil metode dibandingkan dengan hasil penilaian dari pakar. Perhitungan kesepakatan metode dan penilaian pakar dilakukan menggunakan Gwet’s AC1 dan koefisien korelasi Pearson dengan nilai kritis Pearson sebesar 0,361. Pengukuran dengan Gwet’s AC1 untuk aspek struktural dan semantik diperoleh angka 0,50 dan 0,59 yang keduanya termasuk dalam kategori kesepakatan “cukup”. Sedangkan pengukuran dengan Pearson diperoleh angka 0,62 untuk aspek struktural dan 0,14 untuk aspek semantiknya. Dengan demikian, hasil perhitungan metode memiliki hubungan yang signifikan dengan penilaian pakar pada pengukuran aspek struktural namun masih kurang dalam aspek semantiknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTIf 005.3 Ari p-1 • Arifin, Mohammad Nazir
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mohammad Nazir Arifin
Date Deposited: 16 Aug 2020 01:27
Last Modified: 07 Oct 2020 00:59
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76367

Actions (login required)

View Item View Item