Analisis Kepuasan Vendor Terhadap Kualitas Website LPSE : Kasus Pada Proyek PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Surabaya-Gempol

Setiono, Oryza Na'afidamara (2020) Analisis Kepuasan Vendor Terhadap Kualitas Website LPSE : Kasus Pada Proyek PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Surabaya-Gempol. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
09111640000124-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Akhir-akhir ini, kualitas layanan website adalah salah satu aspek penting dalam berkomunikasi dengan mitra kerja. Dalam hal ini, website LPSE Jasa Marga (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) belum pernah dilakukan evaluasi. Oleh karena itu, perusahaan tidak mengetahui apakah situs website tersebut telah memenuhi harapan dari para penggunanya, dalam hal ini para vendor LPSE Jasa Marga. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas website LPSE Jasa Marga dengan kepuasan vendor LPSE Jasa Marga Surabaya-Gempol. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah usability quality, information quality, service interaction quality, dan user satisfaction. Penelitian ini bersifat deskriptif cross-sectional dengan teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara telepon ke 62 vendor LPSE Jasa Marga Surabaya-Gempol dengan bantuan kuesioner online. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Kemudian untuk mengukur tingkat kepentingan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan untuk tingkat kepuasan vendor digunakan American Customer Satisfaction Index (ACSI). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa information quality, usability quality, dan service interaction quality memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap user satisfaction. Dalam analisis regresi berganda, terdapat temuan bahwa dari ketiga variabel penelitian ini, information quality memiliki pengaruh paling signifikan terhadap variabel user satisfaction. di sisi lain, hasil IPA menunjukkan 2 atribut kepuasan vendor yang perlu ditingkatkan, yaitu "menciptakan pengalaman positif" dan "mudah untuk berkomunikasi dengan organisasi". Adapun ACSI, ditemukan bahwa indeks kepuasan vendor dari website LPSE Jasa Marga adalah 79,74% dan merasa puas. Penelitian ini juga merumuskan implikasi manajerial yang dapat diterapkan oleh PT. Jasa Marga (Persero) Tbk cabang Surabaya-Gempol dan LPSE Jawa Timur juga. Selain itu, peningkatan kualitas dan kinerja situs website LPSE dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada para admin tender LPSE tiap vendor, menyusun SOP penggunaan website LPSE Jasa Marga dalam bentuk video pada laman awal website LPSE Jasa Marga, membuat kolom komentar dan review vendor, menambahkan helpdesk dan tenaga teknis di cabang Surabaya-Gempol sebagai administrator LPSE, serta mengirimkan email notifikasi kepada setiap vendor yang sedang mengikuti e-lelang. ========================================================= Recently, website service quality is one of the crucial aspects of communicating with partners. In this case, Jasa Marga LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) website has never been evaluated yet; hence, the company does not know whether the website has met its users' expectations. Further, this study aims to analyze the relationship between LPSE website quality with vendor satisfaction. The variables used in this study are usability, information quality, service interaction, and customer satisfaction. This study is conclusive descriptive multiple cross-sectional with the sampling technique is the saturation sampling. Data collection was carried out through telephone interviews to 62 vendors of LPSE Jasa Marga Surabaya-Gempol with an online questionnaire. Hypothesis testing is done using multiple regression. Then to measure the level of importance using the Importance Performance Analysis (IPA) and for the level of vendor' satisfaction used the American Customer Satisfaction Index (ACSI). The findings of this study indicate that the information quality, usability, and service interaction quality has a positive and significant relationship to user satisfaction. In multiple regression analysis, there is a finding that from the three variables of this research, the information quality variable has the most significant impact on user satisfaction variable. On the other hand, the results of the IPA show 2 attributes of vendor's satisfaction that needs to be improved, namely "creates a positive experience" and "easy to communicate with the organization". As for ACSI, it was found that the vendor satisfaction index of Jasa Marga's LPSE's website at 79,74% and feels satisfied. This study also formulates managerial implications that can be applied by PT. Jasa Marga (Persero) Tbk branch of Surabaya-Gempol and LPSE East Java as well. Moreover, the improvement of quality and performance of LPSE's website can be done by giving training to all LPSE admin tender, set a user manual to use Jasa Marga's LPSE's website, create vendor comments and reviews, adding helpdesk and technical staff at the Surabaya-Gempol branch as LPSE administrators and sending a notification email to vendor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMB 658.834 3 Naa a-1
Uncontrolled Keywords: E-procurement; LPSE Website; Vendor’s satisfaction; Multiple Regression Analysis; IPA; ACSI; PT. Jasa Marga (Persero) Tbk; E-procurement; Website LPSE; Kepuasan vendor; Analisis Regresi Linear Berganda; IPA; ACSI; PT. Jasa Marga (Persero) Tbk
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Oryza Na'afidamara
Date Deposited: 15 Aug 2020 14:00
Last Modified: 14 Sep 2020 00:32
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76380

Actions (login required)

View Item View Item