Analisa Dan Studi Eksperimen Performa Toyota Agya Yang Menggunakan Transmisi Manual Dengan Toyota Agya Yang Menggunakan Transmisi Otomatis

Hadi, Fakih Nurohman (2016) Analisa Dan Studi Eksperimen Performa Toyota Agya Yang Menggunakan Transmisi Manual Dengan Toyota Agya Yang Menggunakan Transmisi Otomatis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2113105004-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2113105004-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem Transmisi pada Toyota Agya ada yang
menggunakan transmisi manual dan transmisi otomatis. Unit
kopling pada transmisi manual menggunakan clutch sedangkan
transmisi otomatis menggunakan torque converter. Sistem gear
pada transmisi manual menggunakan gearbox sedangkan transmisi
otomatis menggunakan planetary gear. Keduanya sama-sama
memiliki ukuran kendaraan dan mesin yang sama tetapi berbeda
dari segi transmisinya. Perlu dilakukan analisa untuk
membandingkan performa dari Toyota Agya G MT dengan Toyota
Agya G AT.
Untuk mengetahui besarnya torsi, daya, dan putaran dari
roller, maka perlu dilakukan pengujian dyno test. Dyno test
menghasilkan data-data tersebut pada roller yang di konversi
menjadi torsi, daya, dan putaran dari roda penggerak. Nilai torsi
menjadi input data untuk mencari besarnya gaya dorong dari
kendaraan. Sedangkan putaran menjadi input data untuk mencari
besarnya kecepatan kendaraan. Selain itu dalam penelitian ini,
percepatan dan sudut tanjakan maksimum yang mampu dilalui oleh
kendaraan Toyota Agya transmisi manual dan kendaraan transmisi
otomatis juga di hitung.
Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah gaya dorong
pada Toyota Agya G AT lebih besar daripada Toyota Agya G MT.
Toyota Agya G AT mampu melalui tanjakan maksimal dengan
sudut 27,76 derajat sedangkan Toyota Agya G MT hanya mampu
melalui tanjakan maksimal 23,91 derajat. Percepatan yang
dihasilkan Toyota Agya G AT lebih besar daripada Toyota Agya
G MT. Dengan kondisi mesin, dinamika kendaraan, dan sistem
penyaluran bahan bakar yang sama dari kedua kendaraan maka
bisa di simpulkan bahwa transmisi pada Toyota Agya G AT lebih
baik daripada transmisi pada Toyota Agya G MT
===============================================================================================
Transmission System at Toyota Agya with manual
transmission and automatic transmission. Unit clutch on a manual
transmission using the clutch while the automatic transmission
using a torque converter. The system uses gear manual
transmission while the automatic transmission gearbox using
planetary gear. Both had the same vehicle size and the same
machine but different in terms of transmission. Need to do analysis
to compare the performance of Toyota Agya G MT with Toyota
Agya G AT.
To determine the magnitude of the torque, power, and
rotation of the roller, it is necessary to dyno test. Dyno test produce
such data on a roller which converted to torque, power, and rotation
of the drive wheel. The torque value becomes the input data for the
magnitude of the thrust of the vehicle. While rotation being the
input data for the magnitude of the speed of the vehicle. Also in
this study, the maximum acceleration and angle of inclination
which is able to be passed by vehicles Toyota Agya manual
transmission and automatic transmission vehicles are also
calculated.
The results obtained from this study is thrust on Toyota
Agya G AT larger than Toyota Agya G MT. Toyota Agya G AT
able via ramps up at an angle of 27.76 degrees while Toyota Agya G MT only able via ramps up to 23.91 degrees. The resulting
acceleration of Toyota Agya G AT larger than Toyota Agya G MT.
With the condition of the engine, vehicle dynamics and fuel
delivery system of the same from the second vehicle then it can be
concluded that the transmission on the Toyota Agya G AT better
than Toyota Agya G MT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.244 Had a
Uncontrolled Keywords: Clutch, Dyno Test, Gearbox, Planetary Gear, Torque Converter
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL214.T87 Automobiles--Motors--Turbochargers
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 16 Jul 2020 01:55
Last Modified: 16 Jul 2020 01:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76385

Actions (login required)

View Item View Item