Metode Pengauditan Integritas Berbasis Identitas Dan Berbagi Data Dengan Penyembunyian Informasi Sensitif Untuk Penyimpanan Awan Yang Aman

Ramadhan, Rifqi Ardia (2020) Metode Pengauditan Integritas Berbasis Identitas Dan Berbagi Data Dengan Penyembunyian Informasi Sensitif Untuk Penyimpanan Awan Yang Aman. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000005-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111640000005-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dengan adanya layanan penyimpanan awan, pengguna dapat menyimpan datanya secara remote di awan dan membagikannya dengan pengguna lain. Pengauditan integritas data secara remote diusulkan untuk menjamin integritas dari data yang disimpan di awan. Di dalam sistem penyimpanan awan yang umum, file yang disimpan di awan bisa jadi memliki informasi sensitif. Informasi sensitif ini tidak seharusnya terlihat oleh pengguna lain ketika file ini dibagikan. Mengenkripsi file secara keseluruhan bisa digunakan untuk menyembunyikan informasi sensitif, namun membuat file ini tidak bisa digunakan oleh pengguna lain. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, digunakan metode pengauditan integritas berbasis identitas dengan menerapkan berbagi data dengan penyembunyian informasi sensitif. File akan disanitasi, lalu signature dimodifikasi sedemikian sehingga menjadi bentuk yang valid dan digunakan untuk pengauditan. Hasil yang diharapkan dari metode ini adalah file yang disimpan di penyimpanan awan dapat dibagikan dan digunakan tanpa dapat melihat informasi sensitif, sementara pengauditan integritas masih dapat dilakukan. Tugas akhir ini akan merancang dan mengimplementasi cara pengauditan integritas berbasis identitas dan berbagi data dengan penyembunyian informasi sensitif berdasarkan penelitian yang sudah ada.
==========================================================
With the existence of cloud storage service, user can store their data remotely in cloud and share it with other users. Data integrity auditing was proposed to ensure the integrity of the data saved in cloud. In a common cloud storage system such as Electronic Health Records, file stored in cloud can have sensitive information. This sensitive information should not be exposed to another user when the file is shared. Encrypting the file entirely can be used to redact any sensitive information in the file, but making the file cannot be used by another users. To solve this problem, an identity-based integrity auditing and data sharing with sensitive information hiding method is used. File will be sanitized, and then signature is modified in such a way that it will be valid and used for auditing. The result expected from this method is the file saved in the cloud can be shared without being able to see the sensitive information, while integrity auditing can be done efficiently. This undergraduate thesis will build and implement identity-based integrity auditing and data sharing with sensitive information hiding based on prior research.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.8 Ram m-1 • Ramadhan, Rifqi Ardia
Uncontrolled Keywords: data integrity, sensitive information, signature, integritas data, informasi sensitif, signature
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.A25 Computer security. Digital forensic. Data encryption (Computer science)
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rifqi Ardia Ramadhan
Date Deposited: 04 Aug 2020 08:45
Last Modified: 10 May 2023 14:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76482

Actions (login required)

View Item View Item