Identifikasi Sikap Konsumen Terhadap Atribut Mal di Pusat Perbelanjaan Surabaya

Putri, Devita Auliana (2020) Identifikasi Sikap Konsumen Terhadap Atribut Mal di Pusat Perbelanjaan Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
09111640000103-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya jumlah dan jenis pusat perbelanjaan di Surabaya membuat konsumen menjadi memiliki banyak alternatif, sehingga pusat perbelanjaan yang tidak dapat menyesuaikan atribut mal dengan sikap konsumen saat ini dapat mengalami penurunan pengunjung dan kehilangan tenant. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan sikap konsumen terhadap atribut mal di setiap pusat perbelanjaan di Surabaya bedasarkan kelompok jenis kelamin dan generasi. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat menjadi rekomendasi bagi para pengelola pusat perbelanjaan untuk menciptakan strategi pemasaran agar terus dapat bersaing dengan pusat perbelanjaan lainnya di Surabaya. Variabel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah aesthetics, escape, flow, exploration, social dan convenience. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan data didapatkan dari kuesioner kepada 240 responden dengan penyebaran kuesioner secara daring ke pengunjung pusat perbelanjaan di Surabaya. Uji hipotesis akan menggunakan uji Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengunjung pusat perbelanjaan di Surabaya didominasi oleh wanita dan generasi Z dan juga hasil uji ANOVA membuktikan bahwa adanya variasi sikap konsumen terhadap atribut mal aesthetics, escape, flow dan social diantara dua jenis kelamin dan menunjukkan adanya variasi sikap konsumen terhadap atribut mal aesthetics, escape dan social diantara kelompok generasi. Penelitian ini juga merumuskan implikasi manajerial yang dapat diterapkan oleh pengelola pusat perbelanjaan di Surabaya sebagai referensi tambahan untuk meningkatkan customer satisfaction dengan memberikan seasonal promotions dan juga memilih tenant yang berhubungan dengan kebutuhan konsumen. Strategi memberikan loyalty dan membership program juga perlu dilakukan untuk meningkatkan frekuensi kunjungan dan pembelian ulang. Fokus pada meningkatkan kepuasan pengunjung pusat perbelanjaan berdasarkan jenis kelamin, memaksimalkan atribut mal aesthetics dan juga melakukan riset pasar secara berkala untuk memahami trend konsumen. Untuk kelompok generasi, pengelola pusat perbelanjaan dapat meningkatkan customer experience saat berada di pusat perbelanjaan dengan menciptakan event. ============================================================================================================================ The growing number and type of shopping centers in Surabaya make consumers have many alternatives so that shopping centers that cannot adjust the mall's attributes to the current attitude of consumers could experience a decrease in visitors and loss of tenants. To overcome this problem, this study was used to identify differences in consumer attitudes towards the attributes of the malls on shopping centers in Surabaya based on gender and generation. The benefit of this research is to establish recommendations for shopping center managers to create marketing strategies so that they can continue to compete with other shopping centers in Surabaya. The variables that will be used in this study are aesthetics, escape, flow, exploration, social, and convenience. This research was conducted using a quantitative approach and data obtained from questionnaires to 240 respondents by distributing questionnaires online to visitors to shopping centers in Surabaya. Hypothesis testing will use Analysis of Variance (ANOVA) test. The results of this study indicate that shopping center visitors in Surabaya are dominated by women and generation Z and also the results of the ANOVA test prove that there are variations in consumer attitudes toward the aesthetics, escape, flow and social attributes of the two sexes and the ANOVA test results show that there are variations in consumer attitudes toward mall aesthetics, escape and social attributes among generations of groups. This study also formulates managerial implications that can be applied by shopping center managers in Surabaya as additional references to increase customer satisfaction by providing seasonal promotions and choosing tenants that are related to consumer needs. The strategy to provide loyalty and membership programs also needs to be done to increase the frequency of visits and repurchases. Focus on increasing the satisfaction of shopping center visitors by sex, maximizing the aesthetics attribute, and also conducting market research on a regular basis to understand consumer trends. For generation groups, shopping center managers can enhance the customer experience while in a shopping center by creating events.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pusat perbelanjaan, Sikap konsumen, Atribut Mal, ANOVA, Surabaya Shopping centers, Consumer attitude, Mall’s attributes, ANOVA, Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC108 Market surveys.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Devita Auliana Putri
Date Deposited: 15 Aug 2020 08:48
Last Modified: 15 Aug 2020 08:48
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76594

Actions (login required)

View Item View Item