IMPLEMENTASI PEMILIHAN RUTE PADA AD-HOC ON DEMAND DISTANCE VECTOR (AODV) BERDASARKAN NILAI TRUSTNESS NODE TETANGGA PADA LINGKUNGAN VANETS

Fadhil, Irham Muhammad (2020) IMPLEMENTASI PEMILIHAN RUTE PADA AD-HOC ON DEMAND DISTANCE VECTOR (AODV) BERDASARKAN NILAI TRUSTNESS NODE TETANGGA PADA LINGKUNGAN VANETS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000085-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111640000085-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

VANETs adalah kepanjangan dari Vehicular Ad hoc Networks yang merupakan pengembangan dari Mobile Ad hoc Network (MANET). Keduanya merupakan jaringan yang sistemnya tidak memperdulikan adanya sistem jaringan infrastruktur. Pada VANETs, terdapat banyak routing protocol yang dapat diterapkan. Salah satunya adalah AODV, yaitu Ad hoc On demand Distance Vector.

AODV merupakan routing protocol yang termasuk ke dalam reactive routing protocol, yang hanya meminta rute ketika dibutuhkan. AODV memiliki dua fase, yaitu route discovery dan route maintenance. Route discovery digunakan untuk meminta dan meneruskan informasi rute, sedangkan route maintenance digunakan untuk mengetahui informasi adanya kesalahan pada rute.

Pada tugas akhir ini akan dilakukan pembatasan jumlah node yang dapat mem-broadcast paket RREQ berdasarkan nilai trustness node tetangga yang terdiri dari 4 faktor, yaitu Packet Success Rate, Packet Failure Rate, Energy Level, dan Time Factor Index / Delay Index. Hal tersebut diperlukan untuk meningkatkan stabilitas rute pada AODV, serta mengurangi jumlah packet loss dan end-to-end delay.
Pada saat node perantara akan melakukan rebroadcast RREQ, ia akan mengecek nilai trustness node tersebut dan membandingkannya dengan nilai rata-rata trustness node tetangga dari node sumber. Apabila node perantara mempunyai nilai trustness yang lebih tinggi dari rata-rata trustness node tetangga dari node sumber, maka node tersebut berhak untuk meneruskan paket RREQ.

Dari hasil simulasi, AODV yang dimodifikasi pada skenario grid berhasil meningkatkan nilai rata-rata Packet Delivery Ratio (PDR) hingga 27,51% dan menurunkan end-to-end delay hingga 41,58%. Dan pada skenario real berhasil meningkatkan nilai rata-rata Packet Delivery Ratio (PDR) hingga 15,39% dan menurunkan end-to-end delay hingga 31,76%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: AODV, VANETs, Node Tetangga, Nilai Trustness, VANETs, AODV, Trust Value, Neighbor Node
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Irham Muhammad Fadhil
Date Deposited: 04 Aug 2020 07:49
Last Modified: 11 May 2023 06:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76612

Actions (login required)

View Item View Item