Rancang Bangun Sistem Monitoring Jaringan Access Point Menggunakan Internet of Things Berbasis Wemos D1 R1 ESP8266

Muhammad, Iqbal Izzul Haq (2020) Rancang Bangun Sistem Monitoring Jaringan Access Point Menggunakan Internet of Things Berbasis Wemos D1 R1 ESP8266. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000190-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111640000190-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Internet of Things (IoT) adalah sistem perangkat komputasi yang saling terkait, mekanik dan digital, objek, hewan atau manusia yang dilengkapi dengan pengidentifikasi yang unik (UID) dan kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan manusia ke manusia atau interaksi manusia dengan komputer. Definisi Internet of Things yang telah berkembang karena gabungan beberapa teknologi , analisa real-time, machine learning ,sensor dan embedded system
Wemos merupakan suatu modul perangkat elektronik yang dapat digunakan dengan arduino berbasis pada ESP8266 sehingga modul ini sering digunakan untuk membuat suatu project yang khusus menggunakan konsep IoT. Wemos berbeda dari modul Wi-Fi yang lainnya, ini dikarenakan wemos dilengkapi dengan mikrokontroler yang dapat diprogram melalui serial port sehingga wemos dapat diprogram tanpa ada modul tambahan untuk melengkapinya.
Pada sistem monitoring jaringan yang akan di buat, diharapkan data yang telah diperoleh berupa Round time trip (RRT) dan Throughput dapat dikirim ke database agar data mudah dilakukan report dan analisa oleh pengguna. Dalam proses prancangan sistem tersebut harus memperhatikan faktor-faktor baterai, prosesor dan memori agar tidak menyebabkan pemborosan resource.
Hasil dari implementasi rancang bangun monitoring sistem ini dapat memudahkan pengguna dalam meganalisa gangguan secara cepat dan efektif sehingga dapat dilakukan perbaikan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 004.678 Haq r-1 • Haq, Muhammad Iqbal Izzul
Uncontrolled Keywords: Database ,Internet of things, Resource, Round Time Trip ,Throughput
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.5956 Quality of service. Reliability Including network performance
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Iqbal Izzul Haq
Date Deposited: 05 Aug 2020 03:31
Last Modified: 17 May 2023 01:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76794

Actions (login required)

View Item View Item