PENINGKATAN AKURASI INDOOR POSITIONING SYSTEM BERBASIS TRILATERATIONDENGAN KALMAN FILTER

Agung Dwi, Wicaksono (2020) PENINGKATAN AKURASI INDOOR POSITIONING SYSTEM BERBASIS TRILATERATIONDENGAN KALMAN FILTER. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000123-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111640000123-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indoor Positioning System (IPS) adalah sistem untuk menentukan posisi seseorang atau suatu benda pada ruangan. Berbda dengan Global Positioning System (GPS), yang menggunakan satelit untuk menentukan posisi,IPS menggunakan benda yang ada dalam ruangan seperti bluetooth atau WiFi.
Dari kekuatan sinyal WiFi dapat ditentukan jarak antara penerima dan pengirim sinyal dengan signal propagation model. Dibutuhkan tiga jarak dari tiga poin yang diketahui koordinatnya untuk mendapatkan posisi obyek dengan trilateration.
Namun, penentuan jarak dari sinyal ini cenderung tidak stabil karena flunktuasi sinyal sehingga menghasilkan koordinat yang tidak akurat. Dalam buku ini digunakan metode Kalman filtering untuk mengurangi ketidakstabilan flunktuasi sinyal untuk mendapatkan jarak yang lebih akurat yang pada hasilnya akan memberikan koordinat yang lebih akurat.
Kalman filter sendiri menggunakan data yang telah diobservas iatau dihitung sebelumnya untuk mengestimasi kondisi saat ini. Hal ini membuat estimasi yang dibuat cenderung lebih akurat daripada estimasi yang dibuat dalam sekali penghitungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Indoor Positioning System, Trilateration, Kalman filter
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA402.3 Kalman filtering.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5102.9 Signal processing.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Agung Dwi Wicaksono
Date Deposited: 04 Aug 2020 02:01
Last Modified: 20 May 2023 05:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76847

Actions (login required)

View Item View Item