ISOLASI DAN KARAKTERISASI ISOLAT BR-ISP2-1 PENGHASIL ANTIBIOTIK DARI SAMPEL PASIR GUNUNG BROMO

Kamilah, Mutiara Mila (2020) ISOLASI DAN KARAKTERISASI ISOLAT BR-ISP2-1 PENGHASIL ANTIBIOTIK DARI SAMPEL PASIR GUNUNG BROMO. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 01211640000030-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
01211640000030-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Resistansi antibiotik menjadi permasalahan yang semakin serius. Masalah ini telah menyebabkan banyak kerugian dalam bidang kesehatan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menangani permasalahan tersebut adalah menemukan alternatif penghasil antibiotik baru dari mikroba yang unik seperti bakteri ekstremofil. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan isolasi dan karakterisasi bakteri penghasil antibiotik yang diisolasi dari Gunung Bromo. Metode karakterisasi yang digunakan antara lain uji pewarnaan Gram, pengukuran pertumbuhan isolat menggunakan OD600, dan uji antibakteri isolat BR-ISP2-1 terhadap bakteri patogen Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, dan Escherichia coli dengan metode difusi cakram Kirby-Bauer. Hasil seleksi menunjukkan bahwa isolat BR-ISP2-1 berhasil diisolasi dan dimurnikan hingga didapatkan koloni tunggal. Berdasarkan hasil pewarnaan Gram diketahui bahwa isolat BR-ISP2-1 merupakan bakteri Gram negatif dengan sel berbentuk batang. Hasil kurva pertumbuhan bakteri menunjukkan, fase lag terjadi saat 2 jam pertama, fase log terjadi pada 2-40 jam, fase stasioner saat 40-88 jam, fase kematian terjadi setelah 88 jam inkubasi. Isolat BR-ISP2-1 mampu menghambat pertumbuhan ketiga patogen dengan diameter zona hambat terbesar yaitu 29 mm pada pengujian isolat terhadap Staphylococcus aureus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Antibiotik, Resistansi antibiotik, Difusi cakram Kirby-Bauer, Gunung Bromo. Antibiotics, Antimicrobial Resistance, Kirby-Bauer Disk diffusion method, Mount Bromo.
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD251.2 Chemistry, Organic. Biochemistry
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Chemistry > 47201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mutiara Mila Kamilah
Date Deposited: 04 Aug 2020 07:18
Last Modified: 04 Aug 2020 07:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76863

Actions (login required)

View Item View Item