Pengembangan Model Sistem Dinamik untuk Meningkatkan Penggunaan Transportasi Umum Di Surabaya

Wicaksono, R.Dimas Agung (2020) Pengembangan Model Sistem Dinamik untuk Meningkatkan Penggunaan Transportasi Umum Di Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
05211640000132-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang semakin pesat menimbulkan sebuah dampak perpindahan penduduk dari perdesaan ke perkotaan atau urbanisasi. Hal tersebut mengakibatkan meningkatnya jumlah kendaraan, pendapatan, dan tenaga kerja, sehingga permintaan akan transportasi terus meningkat. Meningkatnya jumlah kendaraan pribadi memberikan sebuah dampak yang masif dan mengakibatkan kepadatan jalan atau kemacetan. Pemanfaatan transportasi umum atau public transport belum dimaksimalkan oleh masyarakat, dengan pemanfaatan transportasi umum atau public transport dapat mengurangi terjadinya kepadatan jalan atau kemacetan. Perkembangan jumlah kendaraan pribadi ini memacu seringnya terjadi kemacetan di kota Surabaya. Hal ini mengharuskan pemerintah kota Surabaya dalam meningkatkan strategi kebijakan untuk meningkatkan penggunaan transportasi umum untuk mengurangi tingkat kemacetan yang sering terjadi di kota Surabaya. Namun kebanyakan masyarakat masih belum mau untuk memanfaatkan transportasi umum sebagai sarana untuk berpergian. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang memengaruhi ketidakmauan masyarakat menggunakan transportasi umum. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi dengan cara meningkatkan penggunaan transportasi umum di kota Surabaya dengan melakukan indentifikasi faktor-faktor yang dapat memengaruhi peningkatan penggunaan transportasi umum menggunakan pendekatan model sistem dinamik. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah pemodelan simulasi sistem dinamik. Model sistem dinamik dipilih karena mampu melakukan simulasi terhadap variablevariable yang berkaitan dengan sistem tanpa menganggu sistem yang sebenarnya, serta dapat digunakan untuk menganalisis situasi dunia nyata yang kompleks yang tidak dapat diselesaikan dengan model-model konvensional. Setelah terciptanya model yang valid, tahap selanjutnya dapat diciptakan skenariosasi untuk menguji beberapa strategi sehingga dapat dihasilkan skenario terbaik yang dapat meningkatkan penggunaan public transport. Hasil dari perencanaan skenario yang telah dibuat pada penelitian ini adalah skenario pengadaan Mass Rapid Transit (MRT), Peningkatan kenyamanan kendaraan umum, dan Penurunan Travel Time yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pengguna transportasi umum Kota Surabaya. Pada skenario pengadaan Mass Rapid Transit (MRT) didapatkan rata-rata kenaikan pengguna transportasi umum sebesar 17%, pada skenario peningkatan kenyamanan kendaraan umum sebesar 2%, dan pada skenario Penurunan Travel Time sebesar 10%. Skenario pengadaan Mass Rapid Transit (MRT)memiliki nilai peningkatan pengguna transportasi umum yang paling tinggi. ============================================================ Rapid economic growth has an impact on population movement from rural to urban areas or urbanization. This resulted in an increase in the number of vehicles, income, and labor so that demand for transportation continues to increase. The increasing number of private vehicles has a massive impact and has resulted in road congestion. The utilization of public transportation or public transport has not been maximized by the community, with the use of public transportation or public transport can reduce the occurrence of road congestion. The development of the number of private vehicles has triggered frequent traffic jams in the city of Surabaya. This requires the Surabaya city government to improve its policy strategy to increase the use of public transportation to reduce the level of congestion that often occurs in the city of Surabaya. However, most people still do not want to use public transportation as a means to travel. This is caused by several factors that affect people's unwillingness to use public transportation. This research aims to reduce the congestion that often occurs by increasing the use of public transportation in the city of Surabaya by identifying factors that can influence the increase in the use of public transportation using a dynamic system model approach. The method used in this research is dynamic system simulation modeling. The dynamic system model is selected because it is able to simulate variables related to the system without disturbing the actual system, and can be used to analyze complex real-world situations that cannot be solved by conventional models. After the creation of a valid model, the next stage can be created as a scenario to test several strategies. The best scenarios that can be produced increase the use of public transport. The results of the scenario planning that have been made in this research are the scenarios of Mass Rapid Transit (MRT) procurement, the improvement of the comfort of public transportation, and the decrease in Travel Time which has the aim to increase the users of public transportation in Surabaya. In the Mass Rapid Transit (MRT) procurement scenario, the average increase in public transportation users is 17%, the scenario also increasing public transportation comfort by 2%, and the Travel Time Decrease scenario by 10%. The Mass Rapid Transit (MRT) procurement scenario has the highest value of increasing public transportation users.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, Transportasi umum, Sistem Dinamik, Simulasi Sistem, Congestion, Public Transportation, Systems Dynamic, Simulation System.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL725.3 Traffic Control
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: R.Dimas Agung Wicaksono
Date Deposited: 05 Aug 2020 09:07
Last Modified: 05 Aug 2020 09:07
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76990

Actions (login required)

View Item View Item