Perbaikan Nilai Critical Clearing Time (CCT) Menggunakan Supercapacitor Energy Storage Pada Sistem Multi Machine Infinite Bus Dengan Metode Critical Trajectory

Mahendra, Rafin Aqsa Izza (2020) Perbaikan Nilai Critical Clearing Time (CCT) Menggunakan Supercapacitor Energy Storage Pada Sistem Multi Machine Infinite Bus Dengan Metode Critical Trajectory. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111640000153_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
07111640000153_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kestabilan transien merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan apabila ingin menjaga kontinuitas dari suatu sistem tenaga listrik apabila terjadi gangguan besar secara tiba-tiba. Dalam mengisolasi gangguan terdapat batasan waktu operasi yang diizinkan suatu sistem proteksi untuk menghilangkan gangguan sebelum sistem menjadi tidak stabil dan kehilangan sinkronisasi. Waktu pemutusan yang diizinkan disebut dengan Critical Clearing Time (CCT). Untuk meningkatkan kestabilan sistem, maka metode yang terbukti dapat memperbaiki nilai CCT adalah dengan menggunakan Supercapacitor Energy Storage (SCES). SCES dapat menyerap listrik dalam jumlah besar dalam waktu yang cepat sehingga dapat menjadi beban secara sesaat sehingga bisa memperbaiki nilai CCT, tetapi hal ini tentu bergantung pada kemampuan kontroler ketika pertama kali bekerja merespon gangguan. Pada tugas akhir ini akan dilakukan pemodelan kontroler pada SCES yang telah dipasang pada salah satu bus generator dengan kapasitas yang telah ditentukan sebelumnya untuk mengetahui pengaruh kontroler pada kinerja SCES dalam perbaikan nilai CCT pada modifikasi sistem Fouad dan Anderson 3-machine 9-bus dengan single machine to infinite bus. Dalam melihat pengaruh kontroler SCES dalam perbaikan nilai CCT pada sistem, digunakan metode Critical Trajectory yang telah terbukti cepat dan akurat dalam mencari nilai CCT pada sistem tersebut. Berdasarkan hasil simulasi yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa semakin cepat kontroler bekerja dalam merespon gangguan maka semakin tinggi pula perbaikan nilai CCT pada sistem tersebut. Perbaikan nilai CCT terbaik terjadi pada saat kontroler bekerja pada waktu 0,001 detik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kestabilan transien, critical clearing time, supercapasitor energy storage, critical trajectory, transient stability, critical clearing time, critical trajectory, supercapasitor energy storage
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1007 Electric power systems control
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3226 Transients (Electricity). Electric power systems. Harmonics (Electric waves).
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rafin Aqsa Izza Mahendra
Date Deposited: 26 Aug 2020 07:05
Last Modified: 19 May 2023 02:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77029

Actions (login required)

View Item View Item