Analisa Respon Gerak Ponton Multi Pendulum Model Trimaran pada Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Sistem Bandul (PLTG-SB)

Khasanah, Qori'atul (2020) Analisa Respon Gerak Ponton Multi Pendulum Model Trimaran pada Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Sistem Bandul (PLTG-SB). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311640000038 -Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02311640000038 -Undergraduate_Theses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gelombang laut adalah salah satu jenis energy terbarukan yang sangan berpotensi terutama bagi negara yang memiliki luas wilayah laut lebih luas daripada luas daratan seperti Indonesia. Alat yang digunakan untuk mengkonversi energi gelombang laut menjadi energi listrik disebut Wave Energy Converter (WECs). Salah satu WECs yang sedang dikembangkan di Indonesia menggunakan ponton sistem pendulum yang kemudian disebut sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Sistem Bandul (PLTG-SB). Bentuk ponton yang digunakan adalah model trimaran dengan silinder besar dan dua silinder kecil sebagai jukung. Pada penelitian ini dilakukan simulasi ponton dengan multi pendulum yang bertujuan untuk mengetahui respon ponton dan perubahan simpangannya. Dari hasil simulasi didapatkan nilai RAO pitch maksimum sebesar 1,15 ⁰/cm pada periode 6 sekon. Sedangkan respon terhadap perubahan simpangan dengan nilai maksimum terjadi pada periode 6 sekon dengan simpangan 198,07⁰. Pada variasi panjang lengan pendulum nilai simpangan terbesar terjadi pada panjang lengan pendulum 106,7 cm. Sedangkan pada variasi jumlah pendulum nilai simpangan terbesar terjadi pada ponton dengan jumlah pendulum 2

========================================================
Sea waves are one of renewable energy that has potential, especially for Indonesia. The systems to convert ocean wave energy is called Wave Energy Converters (WECs) that are being developed in Indonesia use a pendulum pontoon system then referred to as the pendulum system sea wave power plant. The pontoon that used is the trimaran model with a large cylinder and two small cylinders as an outrigger. In this study, a simulation of a multi-pendulum pontoon to determine the response of the pontoon and deviation changes. The maximum RAO pitch value is 1.15 ⁰ / cm for a period of 6 seconds. While the response of the pontoon at deviations occurred in the 6 second period with the value 198,07⁰. Variations in arm lengths and the number of a pendulum the maximum deviations occur at 106,7 cm and the number of pendulum 2.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: WECs, Ponton, Multi Pendulum, RAO pitch, Simpangan WECs, Pontoon, Multi Pendulum, RAO pitch, Deviation
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Qori'atul Khasanah
Date Deposited: 06 Aug 2020 06:59
Last Modified: 28 May 2023 14:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77091

Actions (login required)

View Item View Item