OPTIMASI PENUMPUKAN & ANALISA SEAFASTENING TRANSPORT LINEPIPE

Sihombing, Carlo Jonathan (2020) OPTIMASI PENUMPUKAN & ANALISA SEAFASTENING TRANSPORT LINEPIPE. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311640000016-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04311640000016-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Jaringan pipa bawah laut merupakan sistem yang terdiri dari rangkaian pipa untuk mendistribusikan fluida di bawah laut. Jaringan pipa ini disusun dari pipa – pipa yang lebih kecil, yaitu linepipe, yang kemudian dilas saat instalasi. Linepipe yang difabrikasi kemudian ditransport dengan cara ditumpuk di atas kapal seperti cargo barge ke lokasi instalasi. Dikarenakan operasi ini dilakukan dalam waktu yang lama dan mentransport linepipe yang banyak, maka operasi harus dilakukan dengan optimal agar operasi berjalan lancar dan aman. Oleh karena itu perlu dilakukan optimasi untuk mengetahui metode penumpukan linepipe untuk operasi transport yang optimal. Optimasi dilakukan untuk studi kasus Operasi Transport Double Joint Linepipe Proyek Ekspansi Tangguh PT. Saipem Indonesia dengan mempertimbangkan mutu linepipe, stabilitas cargo barge, dan kekuatan alat seafastening. Upaya optimasi dilakukan dengan menggunakan metode penumpukan linepipe yang berbeda dengan metode penumpukan yang dilakukan PT. Saipem Indonesia, yaitu metode penumpukan dengan side support dan sejajar, dan dengan metode optimasi kriteria majemuk. Analisis penumpukan dilakukan dengan pertimbangan analisis tegangan dari Roark’s Formulas for Stress and Strain untuk mendapatkan batas tingkat tumpuk tiap jenis linepipe. Analisis stabilitas kemudian dilakukan dengan cara memodelkan cargo barge dan pembebanan dengan software Maxsurf berdasarkan kriteria stabilitas dari DNVGL-ST-N001. Setelah itu dilakukan pemodelan dan analisis seafastening menggunakan software SACS untuk mendapatkan kekuatan alat seafastening. Hasil optimasi menunjukkan bahwa metode penumpukan dengan side support dengan jumlah pengiriman 5 kali lebih optimal dari segi mutu linepipe, stabilitas cargo barge, dan kekuatan alat seafastening sebesar 8.41% dibanding metode penumpukan yang dilakukan PT. Saipem Indonesia.
==================================================================================================================
Subsea pipeline is a system comprised of multiple linepipes that are welded when installed on location used to distribute fluid such as oil and natural gas. Fabricated linepipes are to be stacked on cargo barge and transported to installation location. This operation takes significant time and involve numerous linepipes. Optimization needs to be done in order to make sure the transport operation is executed efficiently. Optimization attempt are done using data from Double Joint Linepipe Transport Operation of Tangguh Expansion Project by Saipem Indonesia using two alternative pipestacking methods, using side support and vertical stacking. Parameters considered during optimization process include linepipe qualities during stacking, cargo barge strength and stability, and seafastening property strength. Roark’s Formulas for Stress and Strain formulas are used in pipestacking anlysis to find stacking limit for each types of linepipes. Stability analysis is done by using DNVGL-ST-N001 as a guide and Maxsurf software for modelling. SACS software is used to analyzed seafastening properties strength with guidance from DNVGL-ST-N001. Finally, optimization is done using multi criteria optimization method by using values from each analyses as parameters. Optimization results finds that pipestacking method using side support and 5 batches of tranport is 8.41% more optimal in linepipe qualities, cargo barge stability, and sefastening properties strength than standard pipestacking method from Saipem Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: linepipe, optimization, pipestacking, seafastening, stability, linepipe, optimasi, penumpukan, seafastening, stabilitas
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Carlo Jonathan Sihombing
Date Deposited: 19 Aug 2020 01:22
Last Modified: 19 May 2023 03:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77255

Actions (login required)

View Item View Item