Analisis Risiko Tubrukan Kapal LNG Carrier Pada Saat Maneuver Dengan Dan Tanpa Bantuan Tugboat

Sidharta, Jimmy (2020) Analisis Risiko Tubrukan Kapal LNG Carrier Pada Saat Maneuver Dengan Dan Tanpa Bantuan Tugboat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04311640000061_Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan transfer gas dari FLNG menuju LNG Carrier merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat disepelekan. Sebelum melakukan transfer gas tersebut LNG Carrier harus melakukan suatu maneuver untuk mendapatkan posisi yang diinginkan sehingga kegiatan transfer gas dapat berjalan dengan lancer. Tetapi dalam melakukan maneuver tersebut terdapat beberapa risiko yang harus diperhatikan, salah satunya adalah risiko tubrukan. Dalam Tugas Akhir ini akan mengAnalisis mengenai perilaku gerak maneuver serta risiko kegagalan yang dapat mengakibatkan tubrukan akibat maneuver tersebut. Untuk lokasi pada Tugas Akhir ini berada di Pelabuhan TTL (Terminal Teluk Lamong). Dalam melakukan analisis maneuver dengan dan tanpa bantuan tugboat menggunakan software MAXSURF serta AutoCAD, kemudian analisis risiko menggunakan simulasi monte carlo. Analisis maneuver dilakukan untuk mendapatkan radius putar kapal yang dibutuhkan. Lalu dengan variasi kecepatan 2 – 10 knot untuk maneuver self turning sedangkan 1 – 5 knot untuk maneuver dengan tugboat dan sudut belok rudder masing-masing 20 ̊dan 30 ̊ didapatkan hasil jari – jari radius putar terkecil sebesar 81.9 m untuk kecepatan tugboat 1 knot dan sudut belok rudder 30 ̊. Melalui variasi kecepatan dan sudut belok rudder tersebut kemudian dijadikan variable acak dalam analisis risiko menggunakan simulasi monte carlo dan didapatkan untuk mean kecepatan tugboat 3 knot dan sudut belok rudder 35 ̊ memiliki peluang kegagalan yang paling rendah yaitu 0.07%. sehingga masuk dalam risiko yang neglible sedangkan variasi mean kecepatan dan sudut belok rudder lainnya dalam daerah yang ALARP. ==================================================================================================================== The gas transfer activity from FLNG to LNG Carrier is an activity that cannot be underestimate. Before transferring the gas, LNG Carrier must maneuver to get the position to be able transfer the gas smoothly. The position called offloading. But when the LNG Carrier maneuver to get the position there are several risks that can be happen, one of the risk is collision. In this research will discussed about the maneuvering turning circle and then calculated the risk about collision to see the consequences. For this research the location is at TTL port (Terminal Teluk Lamong). To analysis about the maneuver turning circle with or without tugboat, in this research using MAXSURF and AutoCad and then to analysis the risk assessment using monte carlo simulation. When analysis maneuver turning circle, there are some variations that the author did. The variations are speed (2 – 10 knot) to self maenuver, (1 – 5 knot) with tug and rudder angle (20 ̊and 30 ̊). After calculated the maneuver to get radius of turning circle, it is found that the smallest radius is 81.9 m with tug speed 1 knot and rudder angle 30 ̊. After finished the analysis of maneuver turning circle, through variations in the speed and rudder angle then the variations will be use as e random variable to calculated the risk assessment using monte carlo simulation. From the monte carlo simulation, it is found that the lowest risk that has the probability of failure is 0.07%. which the risk can be ignored. While the other random variable are in medium area or it can be said ALARP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Terminal Teluk Lamong, Maneuver, Self-Turning, Tugboat, Rudder, Neglible, ALARP, Monte Carlo
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Jimmy Jimmy
Date Deposited: 13 Aug 2020 05:20
Last Modified: 13 Aug 2020 05:20
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/77305

Actions (login required)

View Item View Item