Analisis Rasio Dan Tingkat Transmisi, Sistem Tenaga Dan Regenerative Braking Pada Truk Hybrid Untuk Mengangkut Hasil Perkebunan Kelapa Sawit

Budiono, Valentino Joseph (2020) Analisis Rasio Dan Tingkat Transmisi, Sistem Tenaga Dan Regenerative Braking Pada Truk Hybrid Untuk Mengangkut Hasil Perkebunan Kelapa Sawit. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111640000051-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02111640000051-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Industri sawit di Indonesia hingga saat ini telah mencatat prestasi yang cukup baik dengan kontribusinya dalam pembangunan nasional. Menjelang tahun 2030, produksi minyak sawit harus meningkat menjadi setidaknya 60 juta ton dari 35 juta ton pada saat ini. Hal ini mendorong diciptakannya kendaraan barang yang berukuran besar, yang mampu membawa hasil produksi sawit secara efisien supaya pertumbuhan ekonomi terus terjaga. Kendaraan hybrid merupakan penggabungan dari sistem yang bekerja pada kendaraan konvensional dan sistem yang bekerja pada kendaraan listrik. Meskipun begitu, kendaraan hybrid masih memiliki kekurangan, yang mana daya pengeremannya masih terbuang sia-sia. Maka dari itu diciptakan teknologi regenerative brake sebagai pengembangan dari teknologi mobil hybrid, yang merupakan suatu sistem pengereman elektrik yang memperlambat kendaraan sekaligus menyerap energi kinetik yang terbuang dari proses pengereman tersebut. Nantinya energi yang terbuang akan dikonversikan menjadi energi listrik dan disimpan dalam baterai. Kendaraan akan dirancang dengan menggunakan sistem hybrid seri, dengan lima moda berkendara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari rasio transmisi kendaraan, mengetahui karakteristik sistem tenaga kendaraan, dan mendapatkan nilai kontribusi, efisiensi dan energi pengereman yang dapat ditangkap.
Pada tugas akhir ini terdapat dua tahapan, yang pertama ada tahap perhitungan dan yang kedua merupakan tahap analisis. Untuk tahap perhitungan yang dilakukan adalah melakukan perhitungan gaya hambat kendaraan dan perhitungan daya jalan kendaraan. Setelah itu, dilanjutkan dengan perhitungan motor, pemilihan motor, pemilihan mesin diesel, penentuan rasio transmisi, perhitungan karakteristik traksi, karakteristik power, perhitungan energi pengereman yang bisa ditangkap oleh generator berdasarkan driving cycle WHVC, lalu diakhiri dengan perhitungan kapasitas dan jumlah baterai. Pada tahap analisis dilakukan analisis terhadap karakteristik traksi, karakteristik power dan energi pengereman yang didapat pada tahap perhitungan sebelumnya.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah didapatkannya rasio dan tingkat transmisi pada truk hybrid, yaitu tiga tingkat transmisi. Kemudian didapatkan karakteristrik traksi dan karakteristik power dari kendaraan yang mampu menaiki tanjakan hingga 35 derajat dan mampu mencapai kecepatan maksimum 120 km/jam. Motor yang digunakan dalam penelitian ini adalah motor YASA P400 R Series, sedangkan mesin diesel yang digunakan adalah dari Mitsubishi Pajero Sport DI-D MT 4x4. Energi pengereman yang bisa ditangkap oleh generator adalah maksimal sebesar 4.49 kWh, memiliki efisiensi maksimal sebesar 67%, dan kontribusi maksimal sebesar 54%. Baterai yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat baterai Li-Ion kapasitas 64V 20Ah.
========================================================================================================================
The palm oil industry in Indonesia currently has recorded quite good achievements with its contribution to national development. By 2030, palm oil production must increase to at least 60 million tons from the current 35 million tons. This has led to the creation of large-sized goods vehicles, which can bring palm oil products efficiently so that economic growth is maintained. Hybrid vehicles are a merger of systems that work on conventional vehicles and systems that work on electric vehicles. Even so, hybrid vehicles still have shortcomings, where the braking power is still wasted. Therefore regenerative brake technology was created as a development of hybrid car technology, which is an electric braking system that slows down the vehicle while absorbing kinetic energy wasted from the braking process. Later the wasted energy will be converted into electrical energy and stored in batteries. The vehicle will be designed using a series hybrid system, with five modes of driving. The purpose of this study is to find the transmission ratio of the vehicle, determine the characteristics of the vehicle power system, and get the value of the contribution, efficiency and braking energy that can be captured.
In this final project, there are two stages, the first is the calculation phase and the second is the analysis phase. For the calculation phase, the calculation is carried out by the vehicle drag and the calculation of the vehicle's road horsepower. Then the motor calculation, motor selection, diesel engine selection, determination of the transmission ratio, calculation of traction characteristics, power characteristics, calculation of braking energy that can be captured by the generator based on the WHVC driving cycle, and finally the calculation of capacity and number of batteries. In the analysis phase, an analysis of the characteristics of traction, power characteristics, and braking energy obtained in the previous calculation stage.
The final results of this study are the ratio and transmission rate obtained in hybrid trucks, which are 3 transmission levels. Then the traction characteristics and power characteristics of the vehicle can climb up to 35 degrees and reach a maximum speed of 120 km / h. The motor used in this study is the YASA P400 R Series, while the diesel engine to be used is from the Mitsubishi Pajero Sport DI-D MT 4x4. The braking energy that can be captured by the generator is a maximum of 4.49 kWh and has a maximum efficiency of 67% and a maximum contribution of 54%. The batteries used in this study are four 64V 20Ah Li-Ion batteries.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: truk hybrid, moda berkendara, transmisi, regenerative brake, hybrid truck, driving mode, transmission, regenerative braking
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL221.5 Hybrid Vehicles. Hybrid cars
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Valentino Joseph Budiono
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:20
Last Modified: 25 May 2023 13:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77336

Actions (login required)

View Item View Item