IMPLEMENTASI K-MEANS CLUSTERING DENGAN METODE LINK COEFFICIENT PADA AODV UNTUK MENINGKATKAN STABILITAS RUTE DALAM MANETS

Baskoro, Akmal Darari Rafif (2020) IMPLEMENTASI K-MEANS CLUSTERING DENGAN METODE LINK COEFFICIENT PADA AODV UNTUK MENINGKATKAN STABILITAS RUTE DALAM MANETS. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000148-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111640000148-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adhoc On-Demand Distance Vector (AODV) adalah salah satu proses routing yang dapat diimplementasikan pada mobile adhoc network(MANET). Sejatinya, AODV mempunyai dua fase, pertama adalah Route Discovery dan yang kedua adalah Route Maintenance. Route Discovery adalah fase dimana AODV melakukan proses pencarian suatu rute menuju tujuan oleh source node. Sedangkan Route Maintenance adalah sebuah proses yang bertujuan untuk mengecek keadaan route yang sudah ada.

Pada AODV, rute yang dipilih adalah route dengan jumlah lompatan terkecil tanpa memperhatikan faktor-faktor esensial lainnya yang mungkin bisa sangat mempengaruhi dalam pemilihan suatu route. Ada beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi pemilihan route seperti posisi, energi, kepadatan, dan kekuatan sinyal. Penggunaan faktor-faktor tambahan tersebut akan meningkatkan akurasi didalam pemilihan rute yang terbaik untuk AODV.

Pada Tugas Akhir ini diusulkan suatu algoritma routing sebagai modifikasi dari AODV yaitu dinamakan AODV with K-Means and Link Coefficient. Algoritma ini akan membagi node-node kedalam beberapa cluster dan kemudian akan dilakukan pemilihan cluster head, dimana route discovery dilakukan hanya oleh node yang bertindak sebagai cluster head. Didalam proses route discovery juga akan dilakukan perhitungan faktor-faktor lain yaitu Received Signal Strength Metric(RSSM), Congestion Metric(CM), dan Residual Energy Metric(REM) yang akan menjadi pertimbangan didalam pemilihan route.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSIf 004.62 Bas i-1 • Baskoro, Akmal Darari Rafif
Uncontrolled Keywords: MANET, AODV, K-Means, LCF, Coefficient Link
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Akmal Darari Rafif Baskoro
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:15
Last Modified: 30 May 2023 08:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77356

Actions (login required)

View Item View Item