Perencanaan Timbunan dan Perbaikan Tanah Dasar pada Proyek Jalan Tol Balikpapan - Samarinda STA 9+550 s/d STA 9+850

Aswanda, Savira Sanya Kirana (2020) Perencanaan Timbunan dan Perbaikan Tanah Dasar pada Proyek Jalan Tol Balikpapan - Samarinda STA 9+550 s/d STA 9+850. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
03111640000093-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi salah satunya disebabkan oleh kelancaran mobilisasi barang dan jasa antara daerah yang terpencil dengan daerah yang lebih berkembang. Untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi tersebut, Pemerintah Indonesia sedang melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan tol yang menghubungkan dua kota di provinsi Kalimantan Timur, Balikpapan dan Samarinda sepanjang 97,99 km. Tanah dasar pada lokasi proyek jalan tol Balikpapan – Samarinda tersebut cenderung merupakan tanah keras. Namun, pada lokasi tertentu terdapat tanah lunak dengan kedalaman yang cukup dalam mencapai 22,5 m s/d 24 m yaitu pada STA 9+550 s/d STA 9+850. Pada STA 9+550 s/d STA 9+850 ini akan dilakukan pekerjaan penimbunan jalan dengan ketinggian timbunan 5 – 8 m. Pada Tugas Akhir ini direncanakan dua alternatif material timbunan, yaitu material tanah dan material EPS geofoam. EPS geofoam digunakan dikarenakan memiliki berat jenis yang ringan dibandingkan dengan material tanah (±1% dari berat jenis tanah). Untuk timbunan material tanah dilakukan perbaikan tanah dengan metode preloading yang dikombinasikan dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD). Pada timbunan tanah juga diperlukan perkuatan agar timbunan tidak mengalami kelongsoran. Terdapat dua alternatif perkuatan yang digunakan pada Tugas Akhir ini, yaitu geotextile dan micropile. Setelah dilakukan analisis, kemudian dapat diketahui volume material yang dibutuhkan untuk masing-masing alternative. Dari volume material ini kemudian dapat dihitung biaya material setiap alternatif sehingga dapat dipilih alternative yang paling ekonomis. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa alternative yang paling ekonomis ialah timbunan material tanah dengan perkuatan menggunakan geotextile. ========================================================== One of the main factors of economic growth is the distribution continuity of goods and services between the isolated region and the developing region. Therefore, to achieve the economic growth Indonesia Government constructed a 97.99 km toll road connecting two cities in East Kalimantan province, Balikpapan and Samarinda. The original soil around Balikpapan – Samarinda toll road construction project is mostly hard soil. However, at several locations such as at STA 9+550 to STA 9+850 the original soil has the characteristic of soft soil with the thickness varies about 22.5 m to 24 m with 5 – 8 m embankments are constructed at this STA. Two alternatives of embankment materials are designed in this Final Project which are soil and EPS geofoam. EPS geofoam is used because it has lighter specific gravity than soil material (approximately 1% of soil specific gravity). For soil embankment, the preloading method combined with Prefabricated Vertical Drain (PVDs) used as soil improvement. To avoid slope failure, there are two alternatives soil reinforcements designed in this Final Project. The alternatives are geotextile reinforcement and micropile reinforcement. From the results of the analysis that has been done, it can be known the volume of the materials required for each alternative. Using the material volume then the cost of materials can be calculated so that the most economical alternative can be chosen. Based on the results of the analysis that has been done it is concluded that the most economical alternative is soil embankment using micropile reinforcement.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: EPS Geofoam, Geotextile, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Micropile, PVD
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Savira Sanya Kirana Aswanda
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:16
Last Modified: 11 Aug 2020 02:17
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/77362

Actions (login required)

View Item View Item