Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Malang - Kepanjen

Pradito, Wisnu Hardian (2020) Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Malang - Kepanjen. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
03111640000155-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Jawa Timur adalah salah satu provinsi dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi di Indonesia. Dengan luas wilayah sebesar 47.922 Km² Jawa Timur memiliki jumlah penduduk pada tahun 2017 sebesar 39.292.972 jiwa. Hal ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Timur meningkat sebesar 0,13 persen pada Triwulan I-2019. Malang merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk sebanyak 3.438.010 jiwa yang tersebar di kabupaten dan kota. Dengan banyaknya populasi penduduk menyebabkan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil menjadi bertambah tak terkendali. Hal ini menyebabkan sering terjadinya kemacetan pada berbagai titik di Kota Malang maupun Kabupaten Malang. Permasalahan ini diperparah dengan Kota Batu yang dikenal sebagai salah satu kota wisata popular di Jawa Timur memiliki lokasi yang dekat dengan Kota Malang menyebabkan para wisatawan dari luar kota yang akan berlibur di sana harus melewati wilayah Kota Malang. Karena berbagai permasalahan tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur mengusulkan agar jalan Tol Malang - Pandaan dapat dibangun hingga ke wilayah Kepanjen, Kabupaten Malang. Dalam perancangan jalan Tol Malang - Kepanjen ini dapat dirumuskan beberapa permasalahan serta tujuan perancangannya yaitu berupa bentuk geometriknya beserta rambu lalu-lintas, tebal perkerasan, saluran tepi (drainase), serta anggaran biaya yang dibutuhkan. Dalam tugas akhir ini dilakukan analisis perancangan jalan tol yang menghubungkan daerah Madyopuro dengan daerah Kepanjen. Analisis diawali dengan pekerjaan persiapan, kemudian tinjuan pustaka, selanjutnya pengumpulan dan pengolahan data, kemudian perencanaan berupa perancangan geometrik jalan tol yang meliputi lengkung horizontal dan lengkung vertikal beserta rambu lalu-lintas yang berdasarkan pada Peraturan Bina Marga No.007/BM/2009, perencanaan tebal perkerasan kaku yang didasarkan pada Peraturan Pd T-14-2003, perencanaan saluran tepi (drainase) yang mengacu pada Peraturan SNI 03-3424-1994 dan Peraturan Pd. T-02-2006-B, dan perencanaan anggaran biaya yang berdasarkan pada Harga Satuan Pokok Kerja (HSPK) Pemerintah Kota Malang tahun 2018. Harapannya dengan adanya perencanaan ini dapat dijadikan referensi bagi PT Jasa Marga dalam menentukan perancangan Jalan Tol Malang - Kepanjen. Setelah dilakukan analisis pada perancangan jalan tol ini, didapatkan panjang jalan tol ini adalah 21,04 km dengan Point of Interest (PI) sebanyak 11 buah dan Point Vertical of Interest (PVI) sebanyak 14 buah serta digunakan rambu lalu lintas sebanyak 151 buah. Kemudian digunakan perkerasan kaku setebal 265 mm dengan subbase berupa Campuran Beton Kurus (CBK) setebal 100 mm dan diberi lapisan tambahan aspal setebal 50 mm. Total biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol ini sebesar Rp 952.053.675.000,00 dengan biaya per km sebesar Rp 45.249.699.382,13. =================================================================================== East Java is one of the provinces with a high population density in Indonesia. With an area of 47,922 Km² East Java has a population in 2017 of 39,292,972 inhabitants. This caused economic growth in the province of East Java to increase by 0.13 percent in the first quarter of 2019. Malang is one of the regions in East Java Province with a population of 3,438,010 people spread across districts and cities. With the large population, private transports such as motorbikes and cars are becoming increasingly out of control. This causes frequent traffic jams at various points in Malang City and Malang Districts. This problem is exacerbated by Batu City, which is known as one of the popular tourism destination in East Java, which has a location close to Malang, causing tourists from out of town to go on vacation there to pass through the Malang City area. Because of these problems, the Regional Representative Council of East Java Province has proposed that the Malang - Pandaan Toll Road can be built up to the Kepanjen area located in Malang Regency. In designing the Malang - Kepanjen Toll Road, several problems and their design objectives can be formulated, namely in the form of geometric shapes along with traffic signs, pavement thickness, drainage channels, and the required budget. In this final project, an analysis of the design of the toll road connecting the Madyopuro area with the Kepanjen area. The analysis begins with preparatory work, then literature review, data collection and processing, planning in the form of a geometric design of toll roads including horizontal and vertical curves along with traffic signs based on Bina Marga Regulation No.007 / BM / 2009, planning thickness of rigid pavement based on Regulation Pd T-14-2003, drainage planning which refers to SNI Regulation 03-3424-1994 and Regulation Pd. T-02-2006-B, and cost budget planning based on Malang City Government's Principal Price of Working Unit (HSPK) in 2018. It is hoped that with this plan, it can be used as a reference for PT Jasa Marga in determining the design of the Malang - Kepanjen Toll Road. After analyzing the design of this toll road, it was found that the length of this toll road was 21.04 km with 11 points of Interest (PI) and 14 points of Vertical of Interest (PVI) and 151 traffic signs. Then 265 mm thick rigid pavement is used with a subbase of 100 mm Thick Concrete Mixture (CBK) and an additional layer of asphalt 50 mm thick. The total cost required for the construction of this toll road is Rp 952.053.675.000,00 with a cost per km of Rp 45.249.699.382,13.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, Jalan Tol, Geometrik Jalan, Perkerasan Kaku, Drainase, Anggaran Biaya, Traffic Jams, Toll Road, Road Geometric, Rigid Pavement, Drainage, Cost Budget
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wisnu Hardian Pradito
Date Deposited: 10 Aug 2020 05:15
Last Modified: 10 Aug 2020 05:15
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/77395

Actions (login required)

View Item View Item