Perancangan dan Implementasi Sistem Hotel Cerdas

Zuhdi, Farhan (2020) Perancangan dan Implementasi Sistem Hotel Cerdas. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
05111640000070-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Industri perhotelan adalah usaha bisnis untuk pemilik hotel dan hiburan bagi wisatawan. Seorang pelanggan dapat terdampar dengan sistem perhotelan umum yang banyak digunakan saat ini dalam upaya untuk mendapatkan kamar hotel untuk melewatkan malam jika ia belum membuat rencana yang memadai. Disadari bahwa bagi seorang pelanggan agar terjamin mendapatkan kamar, sering sekali ia harus secara fisik datang ke hotel karena para pelayan lebih memperhatikan hal itu. Ia juga dapat mengirim teman atau kerabat yang tinggal di sekitar lingkungan hotel pada daerah itu untuk melakukan pemesanan untuknya. Namun, tidak ada yang mengikat hotel dan pelanggan secara langsung bahwa ia memang pelanggan yang memesan. Dan meskipun berhasil mendapatkan kamar, pelanggan tersebut juga harus melakukan check-in dengan proses yang cukup panjang, apalagi jika antrean sedang panjang. Pelanggan hotel juga akan kesulitan apabila harus membawa kunci maupun kartu, dan akses kamar hanya dapat dibawa oleh satu orang. Metode penyelesaian yang digunakan adalah pemanfaatan teknologi IoT. Teknologi IoT diimplementasikan dalam bentuk prototipe atau maket, dengan sebuah aplikasi berbasis android untuk pemesanan hotel dan room controlling. Aplikasi pemesanan dan room controlling hotel diimplementasikan dengan menggunakan Android Studio dan database MySQL. Sedangkan perangkat-perangkat yang ada pada kamar akan diimplementasikan dengan menggunakan Bahasa pemrograman C yang di compile melalui Arduino IDE dan database MySQL Dari uji coba yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa alat tersebut telah berjalan dan mampu berinteraksi dengan WiFi, dapat dipantau dan dikontrol melalui website oleh admin, serta peningkatan kemudahan dalam hal pemesanan hotel, antrian check-in yang berkurang karena hanya perlu melakukan scan QR Code, dan akses kamar dapat dibagikan kepada lebih dari satu pengunjung yang menginap dalam kamar tersebut tanpa menggunakan kunci maupun kartu menggunakan teknologi IoT telah sesuai untuk memecahkan persoalan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknologi IoT, Android, Android Studio, MySQL, Codeigniter, Bahasa Pemograman C, Arduino IDE
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Farhan Zuhdi
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:51
Last Modified: 11 Aug 2020 03:51
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/77429

Actions (login required)

View Item View Item