Desain Skema Pertahanan Sistem Timor tahun 2023 mempertimbangkan Intermiten PLTS dan PLTB

Santosa, Yohan Edi (2020) Desain Skema Pertahanan Sistem Timor tahun 2023 mempertimbangkan Intermiten PLTS dan PLTB. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
07111640000022-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2023 Sistem Timor akan mengalami penambahan PLTB dengan kapasitas 20 MW. Pada saat ini sistem Timor telah memiliki 2 PLTS dengan total kapasitas 6 MW. Dengan besar beban puncak malam sistem sebesar 150 MW pada tahun 2023, dan 90 MW pada beban puncak siang, maka jumlah pembangkitan PLTB dan PLTS memiliki persentase sebesar 28% dari sistem. Integrasi sumber daya energi terbarukan, seperti tenaga surya (PLTS) dan angin (PLTB), ke dalam jaringan listrik menghadirkan tantangan karena adanya fenomena intermiten yang memungkinkan sistem kehilangan 28% daya pembangkitannya secara tiba-tiba, yang jika tidak dapat ditangani oleh respon generator yang dimiliki, maka sistem akan mengalami fluktuasi frekuensi yang dapat menyebabkan sistem dalam kondisi darurat dan berpotensi terjadi ketidakstabilan frekuensi. Karena hal tersebut, Tugas Akhir ini akan mengevaluasi skema pertahanan eksisting yang ada dan dapat memberikan rekomendasi skema pertahanan yang telah mempertimbangkan PLTS dan PLTB. Berdasarkan data yang didapatkan, stage 1 dan stage 2 UFLS eksisting memiliki time delay selama 3 detik untuk mengantisipasi Load-Shedding yang disebabkan oleh hilangnya Pembangkitan PLTS. Akan tetapi hal ini menyebabkan respon dari UFLS di kondisi gangguan yang lebih besar, menjadi terlambat. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa dengan mempercepat respon UFLS bekerja, walaupun frekuensi stage diturunkan (dengan mempertimbangkan intermitensi PLTS), masih dapat memberikan respon yang lebih baik dalam rangka memenuhi perkembangan kebutuhan energi listrik dan penetrasi PLTS dan PLTB pada sistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Skema Pertahanan, Under Frequency Load Shedding
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3226 Transients (Electricity). Electric power systems. Harmonics (Electric waves).
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yohan Edi Santosa
Date Deposited: 11 Aug 2020 05:29
Last Modified: 11 Aug 2020 05:29
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/77444

Actions (login required)

View Item View Item