Continuous Multiqueries k-Dominant Skyline} di Jaringan Jalan Raya

Muttaqi, Syukron Rifail (2020) Continuous Multiqueries k-Dominant Skyline} di Jaringan Jalan Raya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111850010021-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111850010021-Master_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya penggunaan perangkat mobile menjadikan data spasial patut untuk dipertimbangkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pengguna seringkali mencari yang terbaik dari sekumpulan objek. Diantara algoritma yang dapat digunakan adalah skyline query. Algoritma tersebut mencari semua objek yang tidak didominasi oleh objek lain pada semua atributnya. Namun, data yang memiliki banyak atribut menjadikan query tersebut mengeluarkan hasil objek yang banyak sehingga kurang bermanfaat bagi pengguna. k-dominant skyline query dapat menjadi solusi untuk mengurangi objek yang menjadi hasil. Diantara hal yang menjadi tantangan adalah penggunaan skyline query dengan data spasial dan banyaknya preferensi pengguna dalam mencari objek terbaik.

Penelitian ini mengusulkan IKSR, algoritma dan struktur data yang digunakan untuk memproses k-dominant skyline di jaringan jalan raya. Algoritma ini bersifat continuous sehingga setiap jalan raya dapat diketahui k-dominant skyline-nya. Algoritma bersifat multiquery, yaitu dapat memproses banyak query dalam sekali komputasi pada dimensi yang sama. IKSR dapat mempercepat komputasi dua hingga tiga kali lipat dibandingkan algoritma naive.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: skyline,k-dominant, road network
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Syukron Rifail Muttaqi
Date Deposited: 11 Aug 2020 07:17
Last Modified: 28 May 2023 14:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77476

Actions (login required)

View Item View Item