ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PROYEK PEMBANGUNAN STORAGE TANK MENGGUNAKAN FAULT TREE ANALYSIS

Abdurrohman, Abdurrohman (2020) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PROYEK PEMBANGUNAN STORAGE TANK MENGGUNAKAN FAULT TREE ANALYSIS. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of 09211450023018-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211450023018-Master_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proyek Pembangunan Storage Tank Perusahaan Oil dan Gas Milik Negara di area Jawa Timur merupakan proyek vital yang mendukung program kehandalan operasional distribusi BBM. Namun terdapat keterlambatan dalam terhadap proress rencana sebesar 31,35%. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian penyebab keterlambatan tersebut.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi Faktor dan indikator penyebab keterlambatan proyek . Metode penelitian ini menggunakan Fault Tree Analysis. Fakor dan indikator merupakan input Event FTA yang kemudian diterjemahkan kedalam diagram FTA. Formulasi FTA menggunakan Boolean Aljabar dengan hasil berupa nilai probabilitas pada masing-masing Event.
Objek penelitian adalah proyek pembangunan tanki di surabaya. Item pekerjaan yang diteliti adalah pekerjaan Pondasi dengan bobot 26,50% dan Pekerjaan Konstruksi dengan bobot 36,94%.
Dari hasil penelitian ini terdapat dua indikator dengan nilai probabilitas terbesar. Pertama, Laporan Data Tanah yang tidak sesuai pada pekerjaan pondasi dengan nilai 0,968 pada wilayah owner. Oleh karena itu, owner harus lebih teliti dalam menghasilkan dokumen desain. Kedua, Kurangnya Tenaga Kerja dengan nilai Probabilitas 0,912 pada pekerjaan konstruksi diwilayah Kontraktor. pada kasus ini kontraktor harus memastikan tenaga kerjanya sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan. Khususnya pada sertifikasi Welder.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Storage tank, faktor keterlambatan, Fault Tree Analysis Storage tank, Delay factors, Fault Tree Analysis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management
Depositing User: Abdurrohman Abdurrohman
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:51
Last Modified: 03 Jun 2023 14:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77488

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item