Review Pengaruh Jenis Sumber Polisakarida sebagai Material Antibakteri

Zakiah, Zahra (2020) Review Pengaruh Jenis Sumber Polisakarida sebagai Material Antibakteri. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02511640000003-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02511640000003-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Luka yang disebabkan oleh infeksi bakteri patogen menyebabkan produksi eksudat dapat meniumbulkan rasa sakit. Penutup luka yang memiliki sifat antibakteri sangat dibutuhkan untuk luka infeksi bakteri. Polisakarida berpotensi sebagai antibakteri karena kadungannya. Pada laporan ini telah dilakukan review terhadap jurnal penelitian yang menggunakan sumber polisakarida berbasis bahan tanaman, alginat dan kitosan sebagai agen antibakteri, untuk mengetahui persentasi yield, zat aktif antibakteri, gugus fungsi dan diameter zona hambat yang didapat. Adapun pengujian yang ada dianalisa pada review jurnal diantaranya pengujian fitokimia, FTIR dan antibakteri. Dari hasil review tersebut diketahui bahwa persentasi yield dari polisakarida berbasis bahan tanaman, alginat dan kitosan masing masing sebesar 8,725%,44,52%, dan 25,7% dari ekstrak durian, algae coklat, dan cangkang udang karang. Zat aktif antibakteri yang ada pada polisakarida adalah alkaloid, flavonoid, tannin dan saponin. Gugus fungsi yang menunujukkan senyawa antibakteri dari polisakarida adalah ikatan –OH, ikatan –CH, dan ikatan –CO yang dimiliki oleh alpukat, pisang, alginat dan kitosan.. Dan diameter zona penghambatan terbaik terhadap bakteri Staphylococccus aureus, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa dan Bacillus subtilis adalah polisakarida dari ekstrak durian, ekstrak alpukat, dan ekstrak alginat

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: karakteristik, material antibakteri, polisakarida, zat aktif, zona hambatan. The active substance, Inhibition zone, characteristic, Material of antibacterial, Polysaccharide.
Subjects: Q Science > QH Biology > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology > QR74.8 Bacteria
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zahra Zakiah
Date Deposited: 12 Aug 2020 07:30
Last Modified: 28 May 2023 14:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77829

Actions (login required)

View Item View Item