Analisis Perilaku Gerak dan Gaya Tali Tambat Sistem Taut pada Floating Breakwater Tipe Gergaji

Anggraeni, Lila Anas (2020) Analisis Perilaku Gerak dan Gaya Tali Tambat Sistem Taut pada Floating Breakwater Tipe Gergaji. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311640000071-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04311640000071-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Breakwater merupakan struktur yang berfungsi sebagai pemecah gelombang untuk melindungi pantai dari abrasi. Beberapa tahun terakhir, floating breakwater menjadi alternatif dari penggunakan fixed breakwater karena dapat digunakan secara efektif di daerah pesisir pada lingkungan dengan gelombang yang ringan, kondisi tanah yang kurang baik, kedalaman laut yang cukup dalam, dan fenomena erosi pantai yang intens. Floating breakwater merupakan struktur terapung, oleh karena itu bagian terpenting dari struktur terapung adalah system mooring untuk menjaga struktur tetap pada posisinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon gerak struktur floating breakwater tipe gergaji dan tipe ponton sebagau pembanding dan menentukan tegangan maksimum mooring line pada floating breakwater tipe gergaji dan tipe ponton sebagai pembanding. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan software ANSYS AQWA. Data dimensi breakwater dan data lingkungan (H, T, d, θ) yang dipakai dalam penelitian ini adalah data yang bersumber dari uji eksperimen yang terlah dilakukan sebelumnya. Variasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa elevasi muka air (d) dan sudut mooring (θ). Hasil tegangan mooring yang didapat telah dilakukan validasi dengan hasil uji eksperimen sebelumnya dan memiliki nilai RMSE yang masih termasuk dalam rentang tingkat kesalahan kecil dan sedang. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa kurva respon gerak bangunan apung pada 6 moda gerakan, pengaruh variasi sudut mooring dan elevasi muka air terhadap tegangan mooring serta tegangan terbesar yang didapatkan dari beberapa variasi tersebut. Tegangan mooring terbesar pada floating breakwater tipe gergaji terjadi pada saat elevasi muka air 45 cm dan sudut 30 yaitu sebesar 4,71 kN.

======================================================================================================================

Breakwater is a structure that functions is to protect the coast from abrasion. In recent years, floating breakwater has become an alternative to the use of fixed breakwater because it can be used effectively in coastal areas in light waves, poor soil conditions, deep sea depths, and intense coastal erosion phenomena. Floating breakwater is a floating structure, therefore the most important part of the floating structure is the mooring system to keep the structure in position. This study aims to determine the response of the motion of the floating breakwater structure of the saw and pontoon type as a comparison and determine the maximum stress of the mooring line in the floating breakwater type of the saw and pontoon type as a comparison. This research was conducted using ANSYS AQWA software. Breakwater dimension data and environmental data (H, T, d, θ) used in this study are data sourced from experimental tests that have been carried out previously. Variations used in this study are in the form of water level (d) and mooring angle (θ). The results of the mooring stress obtained have been validated with the results of previous experimental tests and have an RMSE value that is still included in the range of small and medium error rates. The results of this study are in the form of buoyancy motion response curves in 6 modes of motion, the influence of mooring angle variations and water level elevation on the mooring stresses as well as the greatest stress obtained from some of these variations. The greatest mooring stress on the saw-type floating breakwater occurs when the elevation of the water level is 45 cm and the angle of 30 is 4.71 kN.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: floating breakwater, pemodelan numerik, mooring, ANSYS AQWA, floating breakwater, numerical model, mooring, ANSYS AQWA
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC203.5 Coastal engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Lila Anas Anggraeni
Date Deposited: 13 Aug 2020 02:18
Last Modified: 03 Jun 2023 13:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77847

Actions (login required)

View Item View Item