Implementasi Six Sigma untuk Perbaikan Proses Bisnis dan Perancangan Prosedur Operasional Standar: Studi Kasus pada Nasi Krawu Bu Tiban Gresik

Wahyudi, Mathara Rizkiah (2020) Implementasi Six Sigma untuk Perbaikan Proses Bisnis dan Perancangan Prosedur Operasional Standar: Studi Kasus pada Nasi Krawu Bu Tiban Gresik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
09111640000085-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Usaha kuliner di Indonesia saat ini semakin hari semakin diminati oleh para pebisnis. Hal ini menyebabkan bertambah ketatnya persaingan bisnis kuliner. Selain itu, banyak restoran baru yang menawarkan produknya dengan dengan konsep menu makanan dan minuman unik dan menarik. Disisi lain, terdapat usaha kuliner yang sudah berdiri sejak lama tetapi masih konsisten dalam menjual masakan tradisional dan tetap mempertahankan keaslian rasanya. Restoran Nasi Krawu Bu Tiban (NKBT) adalah UMKM dalam sektor kuliner yang merupakan salah satu pelopor restoran nasi krawu di Gresik dan memiliki citra yang baik. Meskipun demikian, restoran NKBT memiliki beberapa permasalahan khususnya permasalahan pada proses bisnisnya yang menyebabkan para konsumen tidak puas sehingga terdapat beberapa komplain dari pelanggan. Melakukan perbaikan dan pengelolahan proses bisnis adalah salah satu cara untuk mempertahankan konsumen karena dengan proses bisnis yang kurang baik dapat menyebabkan menurunkan kualitas produk yang dapat menimbulkan ketidakpercayaan konsumen terhadap produk. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses bisnis dan melakukan perancangan prosedur operasi standar pada restoran NKBT. Metode yang digunakan adalah Six Sigma dengan langkah-langkah DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Hasil penelitian terhadap proses bisnis eksisting di restoran NKBT ini adalah terdapat enam proses produksi yang dilakukan di restoran NKBT dan permasalahan paling banyak terjadi di proses produksi daging dan jeroan. Didapatkan 11 permasalahan dengan tiga permasalahan utama yang diprioritaskan untuk diperbaiki Hal ini perlu diperbaiki dengan melibatkan secara penuh oleh stakeholder restoran NKBT. Lalu, telah dirancang prosedur operasional standar untuk mengontrol perbaikan proses bisnis yang dibuat dengan mempertimbangkan permasalahan yang terjadi agar perbaikan bisa terkendalikan secara terus menerus. =========================================================== Culinary businesses in Indonesia are increasingly in demand by enterpreneur. This causes increasingly intense culinary business competition. Moreover, many new restaurants offer products with unique and interesting food and beverage menu concepts. On the other hand, there is a culinary business that has been established for a long time but is still consistent in selling traditional cuisine and maintaining its original taste. Nasi Krawu Bu Tiban (NKBT) Restaurant is a SME in the culinary sector which is one of the pioneers of the krawu rice restaurant in Gresik and has a good image. However, NKBT restaurant has several problems, especially problems in its business processes that cause consumers to be dissatisfied, so there are several complaints from customers. Improving and managing business processes is one way to retain consumers because unfavorable business processes can lead to lower product quality which can lead to consumer distrust of the product. Therefore, this study aims to analyze business processes and design standard operating procedures in NKBT restaurants. The method used is Six Sigma with DMAIC steps (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). The results of research on existing business processes in the NKBT restaurant are that there are six production processes carried out in the NKBT restaurant and the most problems occur in the meat and innards production process. There were 11 problems with three main problems that were prioritized to be corrected. This needs to be corrected by fully involving the NKBT restaurant stakeholders. Then, standard operational procedures have been designed to control the improvement of business processes that are made by considering problems that occur so that improvements can be controlled continuously.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Business Process, Six Sigma, Standard Operating Procedures, SME, Proses Bisnis, Six Sigma, Prosedur Operasional Standar, UMKM.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP370 Food processing and manufacture
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: MATHARA RIZKIAH WAHYUDI
Date Deposited: 13 Aug 2020 02:13
Last Modified: 13 Aug 2020 02:13
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/77853

Actions (login required)

View Item View Item