Analisis Estimasi dan Prediksi Form Factor Berbagai Bentuk Lambung Kapal Berdasarkan Data Uji Model dan Simulasi CFD

Aden, Aden (2020) Analisis Estimasi dan Prediksi Form Factor Berbagai Bentuk Lambung Kapal Berdasarkan Data Uji Model dan Simulasi CFD. Undergraduate thesis, Sepuluh Nopember Institute of Technology.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of 04111640000086-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111640000086-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kapal yang bergerak di air mengalami hambatan viskositas dan hambatan pembentukan gelombang oleh badan kapal. Hambatan viskositas sendiri diakibatkan karena gesekan (friction) dan tekanan (pressure) dari fluida. Untuk mengetahui karakteristik dari aliran fluida beserta komponen-komponen hambatan yang dialami oleh kapal, uji model dengan penskalaan kapal dilakukan. Model yang diuji ini memiliki bentuk kapal 3-dimensi sehingga faktor bentuk atau form factor dapat digunakan dalam perhitungan nilai hambatannya. Untuk mengestimasi nilai form factor (1 + k), data eksperimen uji model pada kecepatan rendah digunakan dengan nilai Froude kurang dari 0.2, sehingga hambatan gelombang (CW) dapat diasumsikan sama dengan nol. Estimasi nilai form factor ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara untuk menentukan nilai form factor adalah dari data hambatan hasil eksperimen uji model towing tank. Namun, alternatif lain yang lebih murah dan hemat waktu dalam penentuan nilai hambatan kapal adalah dengan simulasi CFD. Untuk memvalidasi, hasil data dari simulasi CFD itu dibandingkan dengan data eksperimen hambatan hasil uji model towing tank yang telah dilakukan oleh BPPT-BTH. Data komponen hambatan untuk penentuan form factor yang dimaksud dari hasil simulasi CFD adalah berupa nilai hambatan drag total (RT) hull dan koefisien gesek (CF) dari pelat datar. Dengan komponen hambatan ini, nilai form factor dapat ditentukan dengan metode Prohaska yang direkomendasikan oleh International Towing Tank Conference (ITTC).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hambatan, form factor, metode Prohaska, uji model, CFD
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aden aden
Date Deposited: 13 Aug 2020 03:14
Last Modified: 19 May 2023 14:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77862

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item