Investigasi Perilaku Showrooming pada Produk Kosmetik di Indonesia: Studi Kasus Konsumen Generasi Milenial

Farasanti, Tania Devinar (2020) Investigasi Perilaku Showrooming pada Produk Kosmetik di Indonesia: Studi Kasus Konsumen Generasi Milenial. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
09111640000002-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang melibatkan penggunaan internet dalam berbelanja serta arahan pemerintah untuk tidak mengunjungi tempat umum karena situasi Covid 19 telah melemahkan bisnis konvensional di Indonesia. Pergeseran pola berbelanja masyarakat telah membentuk karakteristik perilaku baru yang semakin kompleks dan menantang, yaitu showrooming. Motivasi pelanggan untuk mendapatkan produk dengan harga terjangkau membuat pelanggan memiliki banyak alternatif retailer yang dapat di pilih dan mendorong pelanggan ke dalam segmen disloyal showrooming yang membawa dampak buruk bagi sebagian besar retailer akibat adanya penurunan loyalitas pelanggan dalam berbelanja. Perbedaan karakteristik pelanggan terkait dengan preferensi mereka menunjukkan adanya pengaruh variabel psikografis terhadap perilaku showrooming sehingga penting untuk mengindentifikasi karakteristik pelanggan berdasarkan variabel psikografis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data di peroleh dari kuesioner yang disebar secara online kepada 190 responden di Indonesia. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis Klaster, uji hipotesis menggunakan MANOVA dan Analisis Regresi Berganda. Temuan dalam analisis klaster membagi 4 segmen yang mengarah pada perilaku Showrooming, dimana segmen 2 merupakan segmen dengan loyalitas terendah. Terdapat 2 hipotesis diterima yang menyatakan bahwa dalam perilaku showrooming, segmen dengan loyalitas terhadap retailer yang rendah memiliki tingkat price consciousness yang lebih tinggi (H1) dan bad conscience during showrooming yang lebih rendah (H4) dibandingkan dengan segmen loyalitas terhadap retailer yang tinggi. Hasil hipotesis pada analisis regresi berganda menunjukkan price consciousness berpengaruh terhadap showrooming tendency (H5) sehingga peneliti merumuskan implikasi manajerial untuk mencegah pelanggan menggunakan retailer lain, yaitu mengadakan pelatihan khusus pada bagian staf penjualan online dan offline sehingga mereka dapat memetakan dan memberikan respon yang tepat pada pelanggan saat berbelanja, kemudian memastikan produk kosmetik dalam keadaan lengkap dan memunculkan inovasi produk tester sekali pakai dan Virtual Try On dengan teknologi Augmented Reality. Inovasi ini dapat menjadi strategi yang tepat mengingat adanya situasi new normal di Indonesia ================================================================================

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cluster Analysis, Cosmetic Products, MANOVA, Millennial Generation, Multiple Regression, Showrooming Behaviour,Analisis Klaster, Generasi Milenial, MANOVA, Perilaku Showrooming, Produk kosmetik, Regresi Berganda
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tania Devinar Farasanti
Date Deposited: 13 Aug 2020 08:11
Last Modified: 13 Aug 2020 08:11
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/77923

Actions (login required)

View Item View Item