Perbaikan Kualitas Pada Jasa Colocation Data Center Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)

Fauzan, Jiyi Nur (2020) Perbaikan Kualitas Pada Jasa Colocation Data Center Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211850015016-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211850015016-Master_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ketika sebuah produk diluncurkan, harapan perusahaan tentu adalah produk tersebut akan laku di pasaran. Namun pada produk jasa colocation data center ini, setelah tiga tahun berdiri target yang ditetapkan belumlah tercapai. Oleh sebab itu perlu dilakukan evaluasi dan juga perbaikan pada produk tersebut. Dari analisa yang telah dilakukan oleh Manajemen XYZ Data Center, baik dengan melakukan diskusi terhadap pelanggan, studi banding dengan pesaing, serta diskusi dengan asosiasi penyedia jasa internet, diperoleh bahwa terdapat kualitas baik dari segi fitur maupun aspek pelayanan yang dirasa kurang sehingga XYZ Data Center tidak menjadi pilihan.
Analisa lebih lanjut terhadap hasil analisa pihak manajemen XYZ Data Center perlu dilakukan untuk mengetahui lebih detail mengenai aspek apa saja yang kurang selain yang telah didapat oleh pihak manajemen, serta bagaimana cara peningkatan kualitas pada aspek-aspek tersebut. Untuk membantu manajemen dalam penyelesaian masalah tersebut, penelitian ini dilakukan oleh penulis dengan penggunaan metode Quality Function Deployment (QFD) sebagai metode penelitian. Alasan dari dipilihnya metode QFD ini dikarenakan kemampuan dari QFD yang mampu mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan customer serta menerjemahkannya menjadi kebutuhan perusahaan dalam bentuk respons teknis.
Dari penelitian ini dihasilkan 29 atribut yang merupakan kebutuhan dari pelanggan. Atribut tersebut diantaranya adalah ketersediaan working room, ketersediaan info prosedur site visit, dan ketepatan waktu instalasi. Selain itu, terdapat 13 respon teknis yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang telah diidentifikasi sebelumnya. Diantara dari respon teknis yang telah dihasilkan antara lain adalah pembuatan portal gangguan yang terintegrasi dengan call center, perbaikan denah dari IT Hall, serta pembuatan portal untuk pengawalan instalasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manjemen Operasional, QFD, ekspektasi customer Operation Management, QFD, Costumer expectation
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Jiyi Nur Fauzan
Date Deposited: 13 Aug 2020 06:26
Last Modified: 03 Jun 2023 15:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78002

Actions (login required)

View Item View Item