Simulasi Teganan Sisa Pengelasan Butt-Joint SMAW Material A36 dengan Metode Elemen Hingga Menggunakan ANSYS APDL

Manggala, Bisma Aji (2020) Simulasi Teganan Sisa Pengelasan Butt-Joint SMAW Material A36 dengan Metode Elemen Hingga Menggunakan ANSYS APDL. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02511540000090-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02511540000090-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Deformasi pada pengelasan busur logam berpelindung (SMAW) sering dihubungkan dengan tegangan sisa selama pengelasan. Hal tersebut tidak dapat dihindari dan pengaruhnya terhadap struktur material yang dilas tidak dapat diabaikan. Sehingga, desain dan kondisi manufaktur, seperti ketebalan struktur, desain sambungan, kondisi las dan urutan las, harus diatur supaya efek merugikan dari tegangan sisa dapat dikurangi hingga dapat ditoleransi. Pada penelitian sebelumnya didapatkan kecepatan optimal dari pemodelan termal. Namun, belum dilakukan pemodelan structural untuk mendapatkan data yang lebih lengkap untuk dianalisa. Oleh karena itu, pada simulasi ini dilakukan pemodelan termal dan struktural menggunakan ANSYS APDL. Simulasi ini dilakukan pada pelat ASTM A36 dengan ketebalan dan tipe sambungan butt-joint berbeda. Tipe butt-joint yang digunakan adalah closed square dan square pada pelat dengan ketebalan 2 mm, 4 mm, dan 6 mm. Didapatkan hasil dari pemodelan termal yaitu temperatur maksimal pengelasan terjadi pada tipe sambungan square dengan ketebalan yang lebih tipis. Sedangkan dari pemodelan struktural tegangan sisa lebih banyak terjadi pada pelat yang lebih tipis, dengan nilai distorsi berbanding lurus dengan tegangan sisa. Sehingga dari data simulasi didapatkan sambungan butt-joint yang optimal adalah tipe sambungan closed square.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Butt-joint, Metode Elemen Hingga, Pengelasan, Simulasi, Tegangan sisa, Finite Element Method, Residual Stress, Simulation, Welding
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA492.W4 Welded joints
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Material & Metallurgical Engineering
Depositing User: Bisma Aji Manggala
Date Deposited: 13 Aug 2020 06:53
Last Modified: 02 Jun 2023 15:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78016

Actions (login required)

View Item View Item