Analisis Pembuatan Peta Ortofo dengan Data Unmanned Aerial Vehicle (UAV) menggunakan Perangkat Lunak Open Source OpenDroneMap

Rizky, Tio Noval (2020) Analisis Pembuatan Peta Ortofo dengan Data Unmanned Aerial Vehicle (UAV) menggunakan Perangkat Lunak Open Source OpenDroneMap. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03311640000034-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03311640000034-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi fotogrametri semakin cepat karena meningkatnya kebutuhan masyarakat. Perkembangan pesat ini juga mengakibatkan hadirnya perangkat lunak yang beragam mulai dari yang berbayar hingga yang dapat diakses secara bebas. Salah satu perangkat lunak yang dapat diakses secara bebas adalah OpenDroneMap dimana aplikasi ini merupakan aplikasi open source yang dapat digunakan di platform Windows, MacOS, dan Linux.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembuatan ortofoto yang dilakukan pada perangkat lunak open source OpenDroneMap. Beberapa fitur yang akan dianalisis meliputi proses instalasi, proses pengolahan, hasil visual, dan ketelitian planimetrik yang dihasilkan. Data yang digunakan adalah data foto udara tahun 2017 kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya menggunakan UAV Fixed Wing kamera non-metrik dan menggunakan GCP sebanyak 16 titik.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perangkat lunak OpenDroneMap merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat peta ortofoto pada platform Windows, memiliki interface dan fitur analisis yang sederhana, serta terbagi menjadi enam tahapan dalam satu rangkaian proses yang otomatis meliputi load dataset, structure from motion, meshing, texturing, georeferencing, dan orthophoto processing.

Peta ortofoto yang dihasilkan pada penelitian ini terbagi menjadi 23 bagian dikarenakan banyaknya foto yang kemungkinan tidak sesuai dengan spesifikasi input pada OpenDroneMap. Didapatkan juga nilai akurasi horizontal, dari 19 titik uji, sesuai PERKA BIG NO. 6 TAHUN 2018 yaitu RMSe sebesar 0,223 meter dan uji akurasi horizontal CE90 sebesar 0,339 meter dan masuk dalam kategori skala 1:1000 kelas 2.

Kata Kunci: Akurasi, Aplikasi Open Source, UAV Fotogrametri

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Akurasi, Accuracy, Aplikasi Open Source, Open Source Application, UAV Fotogrametri,UAV Photogrammetry
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.217 Geospatial data
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.5.I4 Remote sensing
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tio Noval Rizky
Date Deposited: 14 Aug 2020 01:41
Last Modified: 03 Jun 2023 13:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78106

Actions (login required)

View Item View Item