Arsitektur Simbiosis: Hunian Mahasiswa sebagai Katalis Interaksi Mahasiswa & Masyarakat Kampung Sekitar Kampus

Ula, Zuhrotul Mawaddatil (2020) Arsitektur Simbiosis: Hunian Mahasiswa sebagai Katalis Interaksi Mahasiswa & Masyarakat Kampung Sekitar Kampus. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
08111640000012-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan perguruan tinggi di tengah masyarakat tentunya memberi dampak yang signifikan, diantaranya dengan adanya kehidupan berdampingan antara mahasiswa dengan masyarakat kampung sekitar kampus yang memberikan dampak terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut. Hal ini memberikan konsekuensi berupa adanya interaksi antara mahasiswa dengan masyarakat kampung. Kualitas interaksi antara mahasiswa dengan masyarakat kian menurun. Jika sebelumnya hubungan sosial yang terjadi bersifat kekeluargaan, pada saat ini hubungan tersebut cenderung hanya bersifat ekonomis. Hal ini diantaranya disebabkan oleh kondisi fisik lingkungan berupa wujud arsitektur yang tidak mendukung interaksi. Hunian mahasiswa kemudian menjadi sebuah objek yang diharapkan dapat menjadi sintesis dari permasalahan ini, yakni dengan menjadi wadah dan katalis bagi interaksi mahasiswa dan masyarakat. Arsitektur simbiosis digunakan sebagai pendekatan utama untuk mengintegrasikan hunian mahasiswa dengan hunian masyarakat sesuai dengan konteks wilayah guna meningkatkan kemungkinan terjadinya interaksi. Tugas akhir ini menghasilkan objek rancang hunian mahasiswa yang terintegrasi dan terhubung dengan lingkungan kampung sebagai katalis interaksi dengan menerapkan arsitektur simbiosis yakni dengan keberadaan konsep intermediate space. Objek ini mencoba menciptakan sebuah pola pikir baru akan bagaimana sebuah hunian mahasiswa di wilayah kampung sekitar kampus dirancang hingga menghasilkan sebuah kondisi hidup berdampingan antara mahasiswa dan masyarakat yang ideal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Arsitektur simbiosis, hunian mahasiswa, integrasi, interaksi, symbiotic architecture, student housing, integration, interaction
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA6602.D6 Dormitories
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zuhrotul Mawaddatil Ula
Date Deposited: 14 Aug 2020 01:46
Last Modified: 14 Aug 2020 01:46
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/78112

Actions (login required)

View Item View Item