Pengembangan Rancangan Rumah Tinggal Tipe Cassandra pada Klaster Perumahan Citraland di Surabaya, dan Perancangan Corpus Tower Jl. Raya Gubeng

Fadel, Dzahabi (2020) Pengembangan Rancangan Rumah Tinggal Tipe Cassandra pada Klaster Perumahan Citraland di Surabaya, dan Perancangan Corpus Tower Jl. Raya Gubeng. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
08111970010010-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Merupakan suatu proyek perancangan untuk mengembangkan rancangan eksisting pada salah satu tipe di perumahan. Rancangan ini tidak mengubah secara keseluruhan eksisting pada denah maupun tampak, namun merujuk kepada penyesuaian kembali apakah rancangan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan untuk rumah tinggal, kelayakan bangunan, segi layout/penataannya, serta memperhatikan kembali kondisi eksisting dengan tapak dan lingkungan sekitarnya. Pada beberapa ruang ada yang diperluas atau ditambahkan fasilitas baru penunjang kebutuhan penghuni rumah, dan pembuatan gambar kerja konstruksi layaknya akan segera dibangun. Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk mengembangkan kreativitas rancangan menurut gaya/konsep yang diusungnya, menerapkan material-material finishing elemen bangunan, serta mekanisme utilitas pada rumah tinggal (listrik, air, AC, dsb). Konsep yang ditawarkan adalah konsep rumah natural, yaitu dengan penerapan material yang membawa nuansa alami, warna netral yang menenangkan, penanaman vegetasi lanskap, serta diperkuat dengan terdapatnya kolam sebagai elemen utama pada rumah tipe ini. Proyek kedua merupakan pengembangan rancangan sebuah tower yang berlokasikan di Jl. Raya Gubeng. Proyek ini berasal dari salah satu konsultan dimana penulis melaksanakan praktek kerja nyata. Pada perancangan proyek ini, bangunan direncanakan sebagai perkantoran dengan ragam divisi di satu tempat. Terdapat dua area pembagian rancangan yaitu podium dan tower (menara), namun untuk kebutuhan tugas rancangan, penulis fokus pada 2 lantai pertamanya yaitu mengolah sirkulasi parkir dan perletakan utilitas bangunan ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterbangunan, natural, pengembangan rancangan, rumah tinggal
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Fadel Dzahabi
Date Deposited: 17 Aug 2020 06:42
Last Modified: 17 Aug 2020 06:42
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/78200

Actions (login required)

View Item View Item