Persebaran Kerusakan Jalan Kabupaten Di Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang Menggunakan Pavement Condition Index (PCI) Dan Spatial Poisson Point Process (SPPP)

Sulhan, Sulhan (2020) Persebaran Kerusakan Jalan Kabupaten Di Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang Menggunakan Pavement Condition Index (PCI) Dan Spatial Poisson Point Process (SPPP). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211850025002-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211850025002-Master_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jalan sebagai salah satu prasarana transportasi yang merupakan urat nadi kehidupan masyarakat. Kondisi perkerasan jalan akan mengalami penurunan tingkat pelayanan seiring dengan berjalannya waktu. Untuk mempertahankan kondisi jalan perlu dilakukan program pemeliharaan dan rehabilitasi jalan. Keterlambatan dalam pemeliharaan dikarenakan adanya keterlambatan dalam mengidentifikasi kerusakan yang terjadi. Untuk mengatasi keterlambatan dalam penyusunan jadwal perbaikan tersebut perlu dilakukan penilaian kondisi jalan yang lebih cepat dan akurat. Penelitian ini di lakukan di Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang dengan tujuan untuk melakukan pendekatan penilaian kondisi perkerasan jalan raya kabupaten dengan pendekatan secara statistic. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode Pavement Condition Index (PCI) dan Spatial Poisson Point Process (SPPP) sehingga diharapkan dapat mengidentifikasi pola persebaran titik lokasi kerusakan jalan raya kabupaten, mendapatkan parameter apa yang berperan signifikan terhadap persebaran titik kerusakan jalan raya kabupaten dan dapat menentukan level atau tingkatan kondisi jalan raya kabupaten yang ada di Kecamatan Karang Penang. Hasil analisis didapatkan bahwa pola persebaran kerusakan jalan Raya Kabupaten yang ada di Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang termasuk dalam kriteria inhomogeneous Poisson process. Berdasarkan hasil estimasi parameter, didapatkan bahwa pada daerah kerusakan jalan dengan intensitas tinggi di pengaruhi positif oleh lebar kerusakan, panjang kerusakan, kedalam kerusakan, lebar jalan, jenis kerusakan alur, jenis kerusakan amblas, jenis kerusakan bergelombang, jenis kerusakan terkelupas/haus permukaan, jenis kerusakan retak buaya, jenis kerusakan memanjang, jenis kerusakan retak pinggir, jenis kerusakan tambal. Sedangkan pada daerah kerusakan jalan dengan intensitas rendah dipengaruhi positif oleh oleh variabel lebar kerusakan, kedalam kerusakan, lebar jalan, jenis kerusakan alur, jenis kerusakan amblas, jenis kerusakan terkelupas/haus permukaan, jenis kerusakan retak buaya dan jenis kerusakan retak pinggir. Sedangkan level atau tingkatan kondisi Jalan Raya Kabupaten yang ada di Kecamatan Karang Penang termasuk dalam ketagori sempurna di Jl. Raya Blu'uran dan Jl. Raya Karang Penang, Jl. Raya Robatal - Palengaan dan Jl. Sumber Anom dalam katagori baik, Jl. Raya Karang Penang – Sokobanah dan Jl. Tlambah 2 dalam katagori sangat baik, Jl. Raya Tlambah katagori sedang, dan Jl. Raya Gelidigen katagori buruk.
==================================================================================================================
The road as one of the transportation infrastructure is the derivative of people's activities. The condition of road pavement will decrease the level of service over time. Regular maintenance and rehabilitation programs need to be carried out. Delay in maintenance due to a delay in identifying the damage that occurred. To overcome the delay in preparing the repair schedule, a faster and more accurate assessment of road conditions needs to be done. This research was conducted in Karang Penang Subdistrict, Sampang Regency. The aim is to assess the district highway pavement condition using a statistical approach and the Pavement Condition Index (PCI) method. The statical approach entitled Spatial Poisson Point Process (SPPP) is expected to identify the distribution patterns of the locations of district highway damage points. SPPP can identify what parameters play a significant role in the distribution of district highway damage points and the level of district highway conditions in the Karang Penang Subdistrict. The analysis results found that the pattern of distribution of damage to regency highways in Karang Penang Subdistrict, Sampang Regency is included in the inhomogeneous Poisson process criteria. Based on the parameter estimation results, it is found that the area of damage to roads with high intensity is positively affected by the width, the length, and the deep of the damage. Additionally, the width of the road, and the type of damage, such as the groove, the collapse of the pavement structure, chipped, crocodile cracks damage, longitudinal damage, edge cracking, and patching. The area of road damage with low intensity is positively influenced by the level or condition of the existing Regency Highway in Karang Penang District. The results show for the category of excellent is on Jl. Raya Blu'uran and Jl. Raya Karang Penang. Jl. Raya Robatal - Palengaan and Jl. Anom Resources is considered to be useful. Jl. Raya Karang Penang - Sokobanah and Jl. Tlambah 2 are in the category of very good, Jl. Raya Tlambah fall in the appropriate category, and Jl. Raya Gelidigen is in poor condition.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Jalan Kabupaten, Pavement Condition Index (PCI) dan Spatial Poisson Point Process (SPPP), Penilaian kerusakan jalan, Identifikasi pola persebaran.====== District Road, Pavement Condition Index (PCI), Spatial Poisson Point Process (SPPP), Road Damage Assessment, and Identification of distribution patterns.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Sulhan Sulhan
Date Deposited: 14 Aug 2020 07:50
Last Modified: 11 Jun 2023 13:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78202

Actions (login required)

View Item View Item