Rancang Bangun Sistem Sakelar Otomatis Berbasis Arduino Dengan Menggunakan Sensor Suhu Dan Kelembapan (Studi Kasus: PT. Sin A Sixfifteen)

Laksono, Aditya Budi (2020) Rancang Bangun Sistem Sakelar Otomatis Berbasis Arduino Dengan Menggunakan Sensor Suhu Dan Kelembapan (Studi Kasus: PT. Sin A Sixfifteen). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000003-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000003-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Otomasi proses bisnis banyak dilakukan oleh perusahaan karena dapat mengurangi dua hal penting dalam sebuah proses bisnis, yaitu waktu dan biaya. PT. Sin A Sixfifteen yang merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi permen ingin memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) ke dalam salah satu proses bisnis mereka, yaitu melakukan pengawasan dan pengendalian suhu dan kelembapan pada tiap ruangan krusial yang ada dalam pabrik. Proses bisnis tersebut menjadi salah satu faktor dalam memastikan jaminan kualitas, baik kualitas produk yang telah jadi ataupun kualitas bahan baku untuk produksi. Saat ini proses bisnis tersebut dilakukan secara manual dimana seseorang akan memeriksa dan mencatat nilai suhu pada tiap ruangan secara berkala. Selain itu pengawasan hanya dilakukan pada variabel suhu dan belum ada variabel kelembapan. Dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT), proses bisnis dapat dilakukan secara otomatis. Penerapan teknologi Internet of Things (IoT) ke dalam proses bisnis tersebut dilakukan dengan membuat sebuah sistem pengawasan suhu dan kelembapan dengan menggunakan Arduino sebagai mikrokontroller yang dihubungkan ke sensor suhu dan kelembapan. Tidak hanya sensor suhu dan kelembapan, sebuah sakelar yang terhubung dengan relai juga dihubungkan ke Arduino sebagai alat pengendalian atau tindak lanjut otomatis jika suhu dan atau kelembapan melebihi batas yang diinginkan dengan memasangkan sebuah alat lain yang dapat mengubah suhu dan atau kelembapan ke dalam sakelar tersebut. Agar data suhu dan kelembapan dapat dibaca oleh pengguna serta dapat mengubah batas suhu dan atau kelembapan untuk mengatur sakelar otomatis maka Arduino dihubungkan ke aplikasi melalui pengiriman data melalui internet. Hasil dari tugas akhir ini adalah sebuah sistem yang dapat menyimpan dan mengolah informasi suhu dan kelembapan ruangan secara otomatis serta dapat mengatur sakelar secara otomatis untuk mengatur alat pengatur suhu dan kelembapan berdasarkan kondisi yang telah diatur sehingga tidak perlu lagi melakukan pencatatan dan tindak lanjut secara manual.
=======================================================
Business process automation is mostly done by companies because it can reduce two important things, which is time and cost. PT. Sin A Sixfifteen, which is a company that produces sweets, wants to utilize Internet of Things (IoT) technology in one of their business processes, which is monitoring and controlling temperature and humidity in every crucial room in the factory. The business process is one of the factors in ensuring quality assurance, both the quality of the finished product or the quality of raw materials for production. Currently the business process is done manually where someone will check and record the temperature value in each room periodically. In addition, supervision is only carried out on the temperature variable. By using Internet of Things (IoT) technology, business processes can be done automatically. The application of Internet of Things (IoT) technology to the business process is carried out by creating a temperature and humidity monitoring system using Arduino as a microcontroller that is connected to the temperature and humidity sensors. Not only temperature and humidity sensors, a switch connected to the relay is also connected to Arduino as an automatic control or follow-up if the temperature and or humidity exceeds the desired limit by attaching another device that can change the temperature and or humidity into the switch so that the temperature and humidity data can be read by the user and can change the temperature and / or humidity limits to set an automatic switch, Arduino is connected to the application via data transmission via the internet. The final result is a system that can store and process room temperature and humidity information automatically and can set switches automatically to regulate temperature and humidity control devices based on the conditions that have been set up so that there is no need to record and follow up manually.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Internet of Things, Suhu, Kelembapan, Sakelar Otomatis, Arduino, Temperature, Humidity, Automatic Switch
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aditya Budi Laksono
Date Deposited: 14 Aug 2020 08:24
Last Modified: 20 Jun 2023 13:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78209

Actions (login required)

View Item View Item