Komunal Hub: Arsitektur Sebagai Konvergen dan Konektivitas

Zahra, Alya Putri Nabila (2020) Komunal Hub: Arsitektur Sebagai Konvergen dan Konektivitas. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111640000066-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111640000066-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kepadatan penduduk yang kian bertambah seiring berjalannya waktu akan berdampak pada kepadatan bangunan dalam sebuah kota, hal ini menyebabkan sebuah bangunan menjadi boros dan selalu menyelesaikan masalahnya sendiri. Mungkinkah muncul sebuah tipologi baru untuk mengatasi kepadatan bangunan yang terjadi dalam konteks masa depan? Dikutip dari buku JNL Durand, “New types emergens because of changing society and urban conditions.” Hal ini membuktikan bahwa akan muncul tipologi baru karena perubahan sosial yang terjadi saat ini disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi dan digital.
Melalui pendekatan desain Typological Urbanism oleh Sam Jacoby dan CM Lee diarahkan menggunakan metode tipologi untuk mengamati pola fungsi ruang dari tipologi yang berbeda, maka munculah sebuah objek rancang berisi fungsi ruang yang paling mendasar dari beragam bangunan. Sintesa ruang yang muncul bersifat komunal, dimana manusia melakukan aktivitas secara bersama. Analisa konteks urban juga menjadi penting untuk mengamati perbandingan pola transportasi, lahan maupun sirkulasi pada kawasan.
Dengan proyeksi di masa depan pada tahun 2040, objek rancang mempunyai konsep pemusatan keterhubungan ruang komunal antar bangunan yang hanya mempunyai fungsi spesifiknya saja. Hal ini bisa mengatasi kepadatan bangunan dan ruang yang boros karena ruang komunal bisa saling berbagi antar fungsi spesifik. Konteks desain dengan adanya kemajuan teknologi yang membuat ruang menjadi lebih efisien. Penggunaan material yang monolithic dan permainan kemiringan bentuk membuat bangunan teralienasi dengan bangunan sekarang. Objek rancang menggambarkan bahwa perencanaan dan pembangunannya tidak didasarkan oleh sesuatu yang terkait dengan masa lalu, akan tetapi mencoba untuk menggambarkan pada masa yang akan datang.
=========================================================================================

As time goes by, human overpopulation will always increase and affect the building density in a city. This will cause a building to be wasteful and self-contained that solve their problems within their own. Is there any possibility of new types to overcome the problems of building density in the future? Cited from JNL Durand in his book that “New types emerges because of changing society and urban conditions.” This confirms that new typology will arise because of the changing society as a result of the development of technology.
Using Typological Urbanism by Sam Jacoby and CM Lee as the design approaches and identifying the pattern by engaging the knowledge function of room in different typologies, the design object will contain the very basic of room activity based on the different typologies. The synthesis come up as a communal room, which people doing things together. Analyzing the urban context is significant to observe the comparison of transporation, site allocation and circulation pattern in the selected area.
In 2040, the design’s concept is connectivity and convergence of communal room from different building’s typologies that only has their specific function. This is the key solution of building density and wasted space since they can collectively using the communal area together. The development of technology which makes space much more efficient than before is the design’s context. Monolithic materiality and tilt masses makes the design alienated with the conventional building right now. The planning and construction of the building doesn’t related to the past, but trying to depicts the situation in the future.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSA 711.5 Zah k-1 • Zahra, Alya Putri Nabila
Uncontrolled Keywords: Akses, Hub-Komunal, Pemusatan Keterhubungan, Teknologi, Tipologi, Access, Communal-Hub, Convergence Connectivity, Technology, Typology
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alya Putri Nabila Zahra
Date Deposited: 15 Aug 2020 06:11
Last Modified: 15 May 2023 06:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78311

Actions (login required)

View Item View Item