Kajian Operabilitas Mooring Buoy Pada Variasi Kapasitas Kapal Tanker Saat Operasi Offloading

Fajar, Moch Afif Zahiru (2020) Kajian Operabilitas Mooring Buoy Pada Variasi Kapasitas Kapal Tanker Saat Operasi Offloading. Undergraduate thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[img] Text
04311640000008_UNDERGRADUATE THESIS.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Dalam operasi offloading, kapal tanker memerlukan sistem tambat (mooring system) untuk menjaga kapal tanker tetap pada posisinya. Salah satu sistem tambat yang populer digunakan untuk operasi offloading adalah single buoy mooring system. Beban lingkungan yang mengenai struktur kapal selama operasi offloading mengakibatkan gerakan yang dapat menimbulkan tension pada mooring system. Tegangan yang berlebih akibat gerakan kapal dan beban lingkungan yang terjadi dapat mengakibatkan kegagalan proses operasi. Dalam penelitian ini dilakukan analisis terhadap kemampuan operasi mooring buoy selama proses offloading dengan kapal tanker pada variasi kapasitas kapal tanker 35.000 DWT, 50.000 DWT, 75.000 DWT, dan 111.000 DWT. Operabilitas ditinjau pada tension mooring line yang dihasilkan pada setiap variasi kapasitas shuttle tanker pada kondisi lingkungan 1-tahunan, 10-tahunan, dan 100-tahunan dengan nilai safety factor tidak melebihi kriteria sesuai pada API RP2SK. Tension pada mooring line meningkat pada kapal tanker dengan dimensi yang lebih besar dan meningkat pada kondisi kapasitas kapal tanker yang lebih rendah. Pada kapal tanker 35.000 DWT dan 50.000 DWT dengan semua kondisi kapasitas dapat beroperasi penuh pada semua kondisi lingkungan. Pada kapal tanker 75.000 DWT dengan kapasitas full load dan 67% DWT dapat beroperasi penuh pada semua kondisi lingkungan, pada kapasitas 47% DWT tidak dapat beroperasi pada kondisi lingkungan 100-tahunan dengan Hs 3.31 m untuk arah pembebanan inline-L1, inline-L2, dan betweenline-L1&L4. Pada kapal tanker 111.000 DWT pada semua kondisi kapasitas hanya dapat beroperasi penuh pada kondisi lingkungan 1-tahunan dengan Hs 1.48 m. ================================================================================================================== In the offloading operation, the tanker requires a mooring system to keep the tanker in position. One of the popular mooring systems used for offloading operations is the single buoy mooring system. The environmental load caused-motion in vessel structure during offloading operation induced tension in the mooring system. Excessive tension due to vessel motion and environmental load may result in the failure of offloading operation. This study conducted an analysis of the operability to operation mooring buoy during the offloading operation by shuttle tanker on a variation of 35.000 DWT, 50.000 DWT, 75.000 DWT, and 111.000 DWT tankers capacity. Operability is reviewed in tension mooring line generated on each variation of the capacity of the shuttle tanker in environmental conditions 1-year, 10-year, and 100-year with the value of safety factor not exceeding the appropriate criteria in the API RP2SK. Tension on the mooring line increases on tankers with larger dimensions and increases in lower tanker capacity conditions. On 35.000 DWT and 50.000 DWT shuttle tankers with all capacity conditions can fully operate in all environmental conditions. On 75.000 DWT shuttle tanker with full load and 67% DWT capacity can fully operate in all environmental conditions, on 47% DWT capacity can not operate in the 100-year environmental condition with significant wave height 3.31 m for the direction of inline-L1, inline-L2, and betweenline-L1&L4. On 111.000 DWT shuttle tanker in all capacity conditions can fully operate in 1-year environmental condition with significant wave height 1.48 m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: operability, offloading operation, mooring buoy, shuttle tanker. operabilitas, operasi offloading, mooring buoy, kapal tanker.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: MOCH. AFIF ZAHIRU FAJAR
Date Deposited: 17 Aug 2020 04:28
Last Modified: 17 Aug 2020 04:29
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/78351

Actions (login required)

View Item View Item