ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENSI PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN MOBILE PAYMENT DENGAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (STUDI KASUS: LINKAJA)

Januar, Yoshua Senna Januar (2020) ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENSI PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN MOBILE PAYMENT DENGAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (STUDI KASUS: LINKAJA). Undergraduate thesis, Institut Teknokogi Sepuluh Nopember.

[img] Text
05211640000022_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan internet telah mendorong munuculnya peluang bagi industri keuangan dalam memberikan layanan jasa keuangan. Hal tersebut memberi peluang untuk memperluas penggunaan mobile phone sebagai alat pembayaran. Mobile payment sebagai teknologi keuangan memungkinkan transformasi gaya hidup masyarakat. Seiring dengan berkembangnya mobile payment yang mulai menjadi gaya hidup di masyarakat, pengguna mobile payment merupakan hal penting untuk dipertahankan karena menjadi faktor penting agar perusahaan penyedia aplikasi mobile payment dapat berkembang dan akan terus berkembang mengikuti pergerakan penggunanya. Meskipun menjadi penggagas pertama mobile payment, setelah berganti menjadi nama ke LinkAja kalah bersaing dengan layanan mobile payment yang baru muncul seperti Go-Pay dan OVO. Menurut data MDI Ventures tahun 2019, LinkAja kurang bersaing dengan penyedia layanan mobile payment lainnya di Indonesia. Selain itu, adanya kekhawatiran faktor keamanan masih menjadi pertimbangan dasar seseorang untuk mengadopsi transaksi non tunai dengan mobile payment LinkAja. Oleh karena itu perlu diidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi intensi pengguna dalam menggunakan mobile payment LinkAja.Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis hubungan struktural variabel-variabel Technology Acceptance Model (TAM) dan persepsi keamanan yang memengaruhi intensi pengguna dalam menggunakan mobile payment LinkAja, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil yang diperoleh kepada penyedia layanan LinkAja. Metode yang digunakan adalah Covariance Based Structural Equation Modeling. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan minimal 200 responden. Penyebaran kuesioner dikhususkan kepada penggunakan mobile payment LinkAja dengan metode penyebaran memanfaatkan media sosial. Dari proses analisis dengan metode Structural Equation Modeling diperoleh data penelitian memenuhi kriteria cut off good fit pada Goodness of Fit Index. Berdasarkan model penelitian faktor yang memengaruhi positif dan signfikan terhadap intensi pengguna dalam menggunakan mobile payment LinkAja adalah variabel Perceived Usefulness sebesar β = 0,29, Perceived Security sebesar γ = 0,16. Manfaat dari penelitian tugas akhir ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang memengaruhi intensi pengguna dalam menggunakan mobile payment LinkAja. Dari faktor-faktor tersebut, dapat dijadikan rekomendasi bagi perusahaan penyedia layanan untuk meningkatkan latanan mobile payment LinkAja. Sekaligus, penelitian tugas akhir ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya dengan topik mobile payment. Kata Kunci: Mobile Payment, Structural Equation Modeling, LinkAja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mobile Payment, Structural Equation Modeling, LinkAja
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: YOSHUA SENNA JANUAR
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:11
Last Modified: 26 Aug 2020 04:11
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/78401

Actions (login required)

View Item View Item