Analisis Faktor Yang Memengaruhi Intensi Pengguna Pada Layanan Pembelajaran Berbasis Mobile

Mudjiono, Destya Bagus Pribadi (2020) Analisis Faktor Yang Memengaruhi Intensi Pengguna Pada Layanan Pembelajaran Berbasis Mobile. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000042_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000042_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konteks: Era globalisasi telah berhasil membuat teknologi pendidikan berkembang menjadi lebih inovatif dan interaktif. Salah satu teknologi dalam dunia pendidikan ialah pembelajaran berbasis mobile atau m-learning. M-learning merupakan bagian dari pembelajaran elektronik. Layanan ini telah memasuki berbagai aspek dalam kehidupan manusia dikarenakan berkembangnya layanan internet nirkabel melalui teknologi seluler dan berdampak semakin banyaknya organisasi yang melakukan investasi besar pada sektor baru ini.
Permasalahan: Di Indonesia sendiri saat ini telah muncul beberapa penyedia layanan m-learning. Beberapa diantaranya ialah Ruangguru, Zenius, dan Quipper. Ketiga platform ini memiliki kemiripan dimana pembelajaran dilakukan secara daring dengan memanfaatkan teknologi portabel. Namun, tingkat adopsi dari m-learning sendiri terbilang masih rendah. Berkaitan dengan hal ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap faktor apa saja yang memengaruhi intensi pengguna pada layanan m-learning mengingat faktor-faktor yang memengaruhi masih belum jelas. Dengan demikian, penyedia layanan tersebut dapat berfokus meningkatkan layanannya sesuai dengan faktor apa saja yang memengaruhi intensi pengguna pada layanan m-learning.
Tujuan: Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan struktural atas pengaruh variabel-variabel penelitian terhadap intensi pengguna pada layanan m-learning dan menyusun rekomendasi perbaikan kepada penyedia layanan m-learning yaitu Ruangguru, Zenius, dan Quipper guna meningkatkan intensi pengguna pada layanan m-learning.
Metode: Metode yang dilakukan adalah analisis Structural Equation Model (SEM) yaitu dengan mengacu pada model penelitian yang dikembangkan oleh Garry Wei-Han Tan, Keng-Boon Ooi, Lai-Ying Leong, dan Binshan Lin. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan jumlah responden minimal 200 orang yang menggunakan m-learning.
Hasil: Hasil dalam penelitian ini adalah analisis faktor yang memengaruhi intensi pengguna pada layanan m-learning, yaitu faktor Perceived Ease of Use (PEOU) dan Personal Innovativeness in Information Technology (PIIT).
Nilai Tambah: Manfaat dari penelitian ini adalah untuk membantu mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi intensi pengguna pada layanan m-learning sekaligus memberikan rekomendasi untuk meningkatkan intensi pengguna pada layanan m-learning.
Kata Kunci : Intensi Pengguna, Mobile Learning, Structural Equation Model, Ruangguru, Zenius, Quipper

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Intensi Pengguna, User Intention, Mobile Learning, Structural Equation Model, Ruangguru, Zenius, Quipper
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Destya Bagus Pribadi Mudjiono
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:50
Last Modified: 15 May 2023 11:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78528

Actions (login required)

View Item View Item