Perancangan Antarmuka Berbasis Komponen Deklaratif Untuk Pelanggan Loyal Pada Modul Ajak Teman Di Sistem Pemasaran UMKM

Priambudi, Darmawan Agung (2020) Perancangan Antarmuka Berbasis Komponen Deklaratif Untuk Pelanggan Loyal Pada Modul Ajak Teman Di Sistem Pemasaran UMKM. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000044-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000044-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi memengaruhi cara Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan produk atau jasa mereka. Salah satu cara yang mulai diterapkan adalah teknik pemasaran ajak teman (referral marketing) melalui media sosialnya. Namun dalam penerapannya, teknik ini memiliki beberapa tantangan. Salah satu tantangannya adalah kesulitan dalam mengukur pemberian hadiah yang efektif untuk memotivasi pelanggan loyal. Motivasi ini sangat penting untuk mendorong pelanggan loyal agar terus berkontribusi mempromosikan produk atau jasa UMKM di masa selanjutnya dengan adanya pemberian hadiah maupun pengakuan sosial.
Penelitian tugas akhir ini melakukan penggalian peluang fitur aplikasi terhadap 3 (tiga) platform pemasaran yang telah berjalan dengan tujuan mengidentifikasi beberapa fitur yang berpeluang untuk dikembangkan menjadi alternatif solusi. User research juga dilakukan dengan cara wawancara secara daring kepada 6 (enam) orang partisipan yang pernah melakukan promosi secara digital melalui media sosial. Hal ini dilakukan untuk menggali motivasi pelanggan loyal dalam membagikan penawaran UMKM. Alternatif solusi akan diwujudkan dalam bentuk purwarupa berbasis kode yang dibangun dengan pendekatan pemrograman deklaratif menggunakan komponen React Native. Pendekatan ini menghasilkan aplikasi yang memungkinkan untuk diimplementasikan pada beberapa sistem operasi perangkat bergerak dari sebuah basis kode tunggal. Purwarupa ini dikembangkan menggunakan design process dan dilakukan pengujian menggunakan usability testing sebanyak 2 (dua) kali iterasi kepada partisipan yang representatif. Hasil pengujian ini kemudian dianalisis dan dibuat prioritas perbaikan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan dari purwarupa berbasis kode yang dibuat.
Penelitian pengguna pada buku tugas akhir ini menghasilkan tujuan desain yaitu pelanggan loyal mendapatkan reward dan termotivasi untuk membagikan penawaran. Berdasarkan tahapan penggalian peluang fitur aplikasi yang dilakukan berhasil ditemukan fitur utama yaitu bentuk hadiah (rewards) dapat bervariasi dalam bentuk uang tunai, hadiah, maupun potongan diskon dan adanya pelacakan hadiah yang didapatkan untuk memotivasi pengguna dalam melakukan aktivitas promosi. Terdapat 7 layar antarmuka aplikasi yang telah diimplementasi dan diuji pada sistem Android. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh beberapa masukan yang sangat penting yaitu statistik pencapaian harus disampaikan dengan jelas dan hadiah yang didapatkan perlu diinformasikan kepada pelanggan tentang proses penyalurannya. Masukan menarik juga ditemukan sebagai bahan pengembangan berikutnya yaitu pelanggan diberikan fitur untuk memilih reward sesuai keinginannya dari beberapa reward yang disediakan UMKM.
====================================================================================================
Technological developments affect the way of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) market their products or services. One of the ways that have begun to be applied is the referral marketing technique through social media. But in its application, this technique has several challenges. One challenge is the difficulty in measuring effective rewards to motivate loyal customers. This motivation is very important to encourage loyal customers to continue their contribution to promoting MSME products or services in the future by giving rewards and social recognition.
This thesis research conducted a possible feature implementation research of 3 (three) marketing platforms that had run previously. It aims to identify several features that are likely to be developed into alternative solutions. User research was also carried out by online interviews with 6 (six) participants who had carried out digital promotions through social media. This is done to explore the motivation of loyal customers in promoting MSME offers. Alternative solutions will be developed as a coded prototype that is built with a declarative programming approach using the React Native component. This approach produces applications that allow it to be implemented on multiple mobile operating systems from a single code base. This prototype was developed using a design process and tested using 2 (two) iterations of usability testing with representative participants. The results of this test will be analyzed and prioritized some improvements that must be made to improve the usability of the coded prototype.
User research in this thesis produces a design goal that loyal customers get rewards and they are motivated to share offers. Based on the possible feature implementation research conducted, the main features found were the form of rewards that can vary in cash, prizes, and discounts and the reward tracking that is obtained to motivate loyal customers to carry out promotional activities. There are 7 application interface screens that have been implemented and tested on the Android system. Based on the test results, obtained some very important feedback such as achievement statistics must be clearly stated and the rewards obtained need to be informed to loyal customers about the distribution process. Interesting feedback was also found as a next development material such as the customer was given a feature to choose a reward according to their perspective from several rewards provided by MSME.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Pemrograman Deklaratif, Pengalaman Pengguna, Interaksi Manusia Komputer, Usability Testing, MSMEs, Declarative Programming, User Experience, Human Computer Interaction, Usability Testing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Darmawan Agung Priambudi
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:56
Last Modified: 11 May 2023 07:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78544

Actions (login required)

View Item View Item