Evaporasi Lindi Menggunakan Pasir

Humaira, Natasya Ghinna (2020) Evaporasi Lindi Menggunakan Pasir. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of ACCESS CLOSED BY AUTHOR] Text (ACCESS CLOSED BY AUTHOR)
SURAT PERMOHONAN tidak PUBLIKASI SEMUA BUKU LAPORAN TA, TESIS, DESERTASI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[thumbnail of 03211850012002-Master_Thesis.pdf] Text
03211850012002-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Lindi masih menjadi masalah utama pada TPA karena lindi dapat mencemari tanah, air permukaan dan air tanah. Teknologi pengolahan lindi masih memiliki kekurangan seperti kualitas hasil olahan yang belum memenuhi baku mutu karena pengambilan kriteria rancangan yang belum sesuai. Evaporasi lindi menggunakan pasir dipilih sebagai pengolahan lindi karena pasir dapat menyimpan panas hingga 300oC, intensitas radiasi matahari yang tinggi di daerah tropis, pengolahan relatif sederhana dan murah untuk dioperasikan. Pengolahan ini bertujuan untuk mengkonversi kuantitas lindi menjadi bentuk buangan ke udara, sehingga mempermudah pengolahan lindi karna telah berkurangnya kuantitas lindi.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi literatur dan studi kasus untuk memberikan gambaran terkini dalam evaporasi air dari pasir dan evaporasi lindi menggunakan pasir. Studi literatur ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi laju penguapan seperti radiasi matahari, suhu udara, kelembaban udara, suhu di permukaan air, kelembaban relatif udara, kedalaman permukaan air tanah, ukuran partikel pasir dan transportasi media berpori, serta membahas metodologi dan desain eksperimental yang telah digunakan pada penelitian terdahulu dalam skala laboratorium. Studi kasus dilakukan dengan menggunakan data sekunder TPA Benowo.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa evaporasi lindi menggunakan pasir di ruang terbuka bukanlah cara yang efektif untuk mengurangi kuantitas lindi hal ini dikarenakan laju evaporasi pada permukaan terbuka tanpa media lebih besar yaitu 10,7 mm/hari daripada laju evaporasi pada media berpori yaitu 1,9 mm/hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: evaporation, leachate, sand, heat delivery, landfill, evaporasi, lindi, pasir, penghantaran panas, TPA
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD433 Water treatment plants
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD795.7 Sanitary landfills. Leachate--Purification.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Natasya Ghinna Humaira
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:44
Last Modified: 19 Aug 2020 04:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78771

Actions (login required)

View Item View Item