Analisis Kinerja Transportasi BRT Damri Pemadu Moda Kota Makassar Terhadap Segi Kepuasan Penumpang

Faisal, Naufal Yasir (2020) Analisis Kinerja Transportasi BRT Damri Pemadu Moda Kota Makassar Terhadap Segi Kepuasan Penumpang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
03111640000019-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kota Makassar merupakan kota terbesar di wilayah timur Indonesia dengan jumlah penduduk pertahun 2016 sebanyak 1.469.601 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,65 persen/tahun. Jumlah dan laju penduduk yang meningkat tersebut tidak diimbangi dengan fasilitas transportasi umum yang memadai dikarenakan hanya ada satu koridor BRT yang beroperasi hingga saat ini, yaitu BRT Damri Pemadu Moda dengan rute Bandar Udara Sultan Hasanuddin – Pusat Kota. Kota Makassar memiliki fasilitas transportasi umum yang minim dan dibuktikan dengan ditutupnya seluruh koridor BRT yang sebelumnya beroperasi. Ada berbagai macam faktor yang mempengaruhi dalam menggunakan jasa transportasi umum, baik dari segi kinerja operasional hingga kepuasan pengguna jasa. Dalam rangka pengembangan tata ruang/wilayah, Kota Makassar memiliki rencana pengembangan terhadap transportasi umum yang tertulis di dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Makassar. Tugas akhir ini merupakan analisis kinerja transportasi umum yang ditinjau dari segi kepuasan penumpang. Analisis kinerja transportasi yang dimaksud meliputi perhitungan headway, travel time dan waiting time berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan sedangkan kepuasan penumpang yang dimaksud meliputi aspek aksesibilitas, kehandalan, kenyamanan, keamanan dan keselamatan, pentarifan, sarana angkutan umum dan prasarana angkutan umum yang selanjutnya akan dihitung nilai perbandingannya antara nilai harapan pengguna jasa terhadap kinerja yang diberikan oleh operator dalam hal ini adalah Perum Damri. Dalam penilaian kepuasan penumpang terhadap kinerja operator tersebut digunakan metode analisis kuadran Importance – Performance Analysis. Hasil tugas akhir ini menunjukkan bahwa dari 16 item penelitian, terdapat 8 item memiliki kinerja yang baik dan 6 item memiliki kinerja rendah sehingga harus dilakukan perbaikan terhadap item yang memiliki kinerja rendah, antara lain membahas mengenai jadwal BRT, suhu dalam bus, tampilan eksterior bus, keterlindungan tempat pemberhentian bus, jarak antar halte dan lokasi halte. Kepuasan yang dimiliki oleh pengguna BRT Damri Pemadu Moda terhadap halte yang tersedia saat ini berada pada kuadran C yang berarti kinerja yang diberikan oleh Perum Damri belum optimal dan harapan yang dimiliki oleh penumpang terhadap halte juga rendah. BRT Damri Pemadu Moda memiliki waktu tempuh rata-rata untuk hari kerja sebesar 1 jam 3 menit untuk rute Bandar Udara Sultan Hasanuddin – Halte Pantai Losari dan rute kembali via jalan tol sebesar 28 menit, sedangkan waktu tempuh rata-rata untuk hari libur sebesar 58 menit untuk rute Bandar Udara Sultan Hasanuddin – Halte Pantai Losari dan rute kembali via jalan tol sebesar 27 menit. Headway BRT Damri Pemadu Moda untuk hari kerja maupun hari libur sebesar 29 menit dan waiting time atau waktu tunggu BRT Damri Pemadu Moda sebesar 14 menit baik di hari kerja maupun hari libur.=================================================== Makassar is the largest city in Eastern Indonesia with a population of 1,469,601 in 2016 with a population growth rate of 1.65 percent per year, the increasing number and rate of population has not been matched by adequate public transportation facilities because there is only one BRT corridor currently in operation, namely Damri BRT as a connecting of link mode for the Sultan Hasanuddin Airport - City Center route. Makassar City has very minimal public transportation facilities which evidenced by the closure of all previously operated BRT corridors. There are various factors that influence the use of public transportation services, ranging from operational performance to service user satisfaction.. In context of arrange and development of area, Makassar City has a public transportation development plan written in the Makassar City structuring and area development plans. This paper of final project is an analysis the performance of public transportation in terms of passenger satisfaction. The analysis of transportation performance in question includes the calculation of headway, travel time and waiting time based on the Minister of Transportation Regulation. while the intended passenger satisfaction includes aspects of accessibility, reliability, comfort, security and safety, tariffs, public transport facilities and public transport infrastructure, which will then be calculated in the ratio between the expected value of service users to the performance provided by the operator in this case is Damri as Public Corporation government owned. In assessing the passenger satisfaction on operator's performance, the Importance - Performance quadrant analysis method is used. The results of this study indicate that from the 16 research items, there are 8 items that have good performance and 6 items that have low performance so that improvements must be made into these items, including discussing the BRT schedule, temperature inside the bus, bus outward appearance, safety at the bus stop, distance between each bus stops location. The satisfaction of BRT Damri users to the condition of the bus stops currently available is in quadrant C, which means that the performance provided by Perum Damri is not optimal and the expectations held by passengers towards the bus stop are also low. Damri BRT spends an average of 1 hour and 3 minutes travel time to Sultan Hasanuddin Airport - Losari Beach Stop and the return route requires 28 minutes via the toll road, while the average travel time on holidays is 58 minutes for Sultan Hasanuddin Airport - Losari Beach Stop and the return route via the toll road is 27 minutes. Headway of Damri as a part of connecting link mode transportation for working days or holidays is 29 minutes and waiting time is 14 minutes both on week days and holidays.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BRT, Kinerja Transportasi, Kepuasan Penumpang, Importance-Performance Analysis, BRT, Transportation Performance, Customer Satisfaction, Importance-Performance Analysis
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Naufal Yasir Faisal
Date Deposited: 18 Aug 2020 05:29
Last Modified: 18 Aug 2020 05:29
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/78780

Actions (login required)

View Item View Item