Fasilitas Eduwisata Lingkungan Hidup Dengan Pendekatan Ekoterapi Di Kota Jember

Manik, Larasanti Pandan (2020) Fasilitas Eduwisata Lingkungan Hidup Dengan Pendekatan Ekoterapi Di Kota Jember. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
08111640000109_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Krisis lingkungan hidup yang kita hadapi saat ini terjadi sebagai dampak dari adanya polusi dan eksploitasi sumber daya alam yang terjadi karena kurangnya pengetahuan manusia mengenai pentingnya keberadaan dan keberlanjutan lingkungan sebagai asset masa depan. Tujuan utama dari perancangan ini adalah untuk merancang sebuah taman yang dapat meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan bagi seluruh lapisan masyarakat. Rancangan fasilitas eduwisata yang dihasilkan adalah tempat untuk belajar dan mengetahui lebih banyak mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan sebagai salah satu penunjang yang terbagi dalam beberapa aktivitas di dalamnya. Secara garis besar, Fasilitas Eduwisata Lingkungan Hidup di Kota Jember ini merupakan tatanan multi massa dengan bangunan utama yang berfungsi sebagai taman edukasi dan rekreasi serta fasilitas pendukung berupa healing garden. Fasilitas ini direncanakan di atas area perkebunan coklat di kota Jember. Pemilihan tapak ini bertujuan untuk menampilkan nuansa alami serta natural view yang bertolak belakang dengan built environment. Pendekatan desain ekoterapi dengan pendalaman karakter ruang digunakan selama proses mendesain untuk menjawab permasalahan desain yang memang fokus pada tujuan mengubah perilaku dan mindset manusia terhadap alam. Secara keseluruhan desain bangunan Wisata Edukasi diharapkan menjadi wisata edukasi yang mampu memberi timbal balik positif ke lingkungan dan sekitarnya sehingga menjadi bangunan yang edukatif, ramah lingkungan, dan berkelanjutan. =========================================================== The environmental crisis that we face right now has happened as a result of the pollution and exploitation of natural resources that occurred because of the lack of human knowledge about the importance of the existence and sustainability of the environment as an asset of the future. In order to have a real impact on the sustainability of environmental conditions, increased knowledge must be made to the community. The main purpose of this design is to design a park that can increase environmental awareness for all levels of society. The educational facility is a place to learn and know more about Science and Technology, and as a support that is divided into several activities in it. Broadly speaking, this Environmental Education Facility in Jember City is a multi-mass structure with the main building that serves as an educational and recreational park and supporting facilities such as a healing garden. This facility is planned above the cocoa plantation area in the city of Jember. This site selection aims to display a natural feel and natural view that is contrary to the built environment. With the ecotherapy design approach, the character of space is used during the design process to answer design problems that are focused on changing human behavior and mindset towards nature. Overall the design of the Educational Tourism building is expected to be an educational tour that is able to provide positive feedback to the environment and surroundings so that it becomes an educational, environmentally friendly and sustainable building.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSA 729 Man f-1
Uncontrolled Keywords: wisata edukasi, jember, krisis lingkungan hidup, ekoterapi.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Larasanti Pandan Manik
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:43
Last Modified: 24 Sep 2020 06:15
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/78839

Actions (login required)

View Item View Item