Analisis Pengaruh Pelapisan Proyektil Frangible Terhadap Parameter Eskternal Balistik

Fauzi, Fadhel Mohammad Yoga (2020) Analisis Pengaruh Pelapisan Proyektil Frangible Terhadap Parameter Eskternal Balistik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02511640000131_Fadhel MYF_Laporan Tugas Akhir.pdf]
Preview
Text
02511640000131_Fadhel MYF_Laporan Tugas Akhir.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proyektil frangible adalah proyektil yang hancur ketika mengenai target sehingga menjadi-fragmen kecil yang dapat menghindari terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. Proyektil frangible biasanya terbuat dari material metalurgi serbuk dengan komposisi Cu 90% dan Sn 10% melalui proses pencampuran, proses kompaksi untuk memadatkan serbuk dengan tekanan tinggi dalam suatu cetakan agar memiliki kekuatan dan bentuk yang diinginkan, dan proses sintering sebagai pembentuk ikatan antar atom/partikel. Ketika proyektil dimasukkan kedalam selongsong, sering terjadi penggerusan pada sisi bagian luar dari proyektil sehingga bentuk dari proyektil tersebut menjadi berubah dan tidak homogen yang mempengaruhi eksternal balistik yaitu tingkat akurasi dan presisi dari proyektil tersebut. Maka pada penelitian ini dilakukan proses pelapisan menggunakan material berbahan dasar nikel, khrom, dan polisakarida berupa nitroselulosa dan poliuretan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pelapisan dengan material nitroselulosa dapat menjadi pilihan material pelapis dengan metode spray coating karena menghasilkan lapisan yang memiliki ketebalan hanya 2 µm, berat 0,009 gram, gaya drag sebesar 39.028 N, jarak 3860,207 meter.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Frangible Bullet, Coating, Ballistic External, Proyektil Frangible, Pelapisan, Eksternal Balistik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA491 Metal coating.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fadhel Mohammad Yoga Fauzi
Date Deposited: 18 Aug 2020 06:59
Last Modified: 23 Aug 2023 12:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78997

Actions (login required)

View Item View Item