Pra-Desain Pabrik Purifikasi Biogas PT. Enero dengan Karbonasi Mineral Ca(OH)2 dari Limbah Pabrik Asetilena Pilot Plant (Bubble Column Reactor)

Putri, Prita Taradevi Maudy and Putra, Haqni Alghoitsa (2020) Pra-Desain Pabrik Purifikasi Biogas PT. Enero dengan Karbonasi Mineral Ca(OH)2 dari Limbah Pabrik Asetilena Pilot Plant (Bubble Column Reactor). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
02211640000042_02211640000057-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Karbondioksida memiliki presentase terbesar di antara pengotor lain yang ada di dalam biogas. Karbondioksida dalam kandungan biogas merupakan penghambat atau menurunkan kemurnian biogas sehingga nilai kalor dari biometana juga menurun yang dikarenakan oleh CO2 . Hal ini menyebabkan daya yang dihasilkan dari biometana juga rendah. Di sisi lain, karbondioksida ini dapat dimanfaatkan untuk pembuatan PCC (Precipitated Calcium Carbonate). Serbuk PCC dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, seperti: kesehatan, makanan, dan industri. Pada bidang industri, serbuk CaCO3 dimanfaatkan dalam pembuatan kertas, plastik, mantel, tinta, cat, dan pipa polimer. Serbuk CaCO3 dengan kualitas khusus dikembangkan sebagai bahan campuran kosmetik,Proses purifikasi biogas dari limbah pabrik asetilen memiliki tiga tahap, yaitu tahap pre-treatment limbah asetilen, tahap pre-treatment biogas, dan tahap absorbsi CO2 dengan Ca(OH)2. Tahap pre-treatment limbah asetilen ini dimaksudkan untuk mengekstrasi senyawa CaO yang terkandung di dalam limbah asetilen untuk direaksikan dengan air menjadi Ca(OH)2 yang berfungsi sebagai absorben CO2 pada biogas.Lokasi pabrik harus dekat dengan sumber bahan baku, Pabrik pemasok biogas yang akan dipurifikasi adalah PT. Energi Agro Nusantara yang berlokasi di Suko Sewu, Gempolkrep, Kecamatan Gedek, Mojokerto, Jawa Timur. Sehingga, lokasi pabrik biomethane dan PCC juga di daerah yang sama. Bahan baku yang diambil dari Pabrik PT. Energi Agro Nusantara yaitu 100 kg biogas per jam.. Selain itu, produk samping berupa precipitated calcium carbonate (PCC) hasil dari absorbsi CO2 dengan limbah asetilen dapat dijual kepada industri kertas dan plastik. Untuk dapat mendirikan pabrik Purifikasi Biogas dari limbah pabrik asetilen menjadi biometana dan precipitated calcium carbonate (PCC) diperlukan total modal pembuatan untuk skala pilot sebesar Rp 95.638.338.895,-

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Biogas, PCC, CO2.
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS176 Manufacturing engineering. Process engineering (Including manufacturing planning, production planning)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Chemical Engineering > 24201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Haqni Alghoitsa Putra
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:44
Last Modified: 19 Aug 2020 03:44
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/79000

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item