PERANCANGAN PASAR BESAR MALANG COMMUNITY MODERN MARKET MELALUI PENDEKATAN SENSE OF PLACE

Ulul Azmi, Ade Fitriyanti (2020) PERANCANGAN PASAR BESAR MALANG COMMUNITY MODERN MARKET MELALUI PENDEKATAN SENSE OF PLACE. Masters thesis, Institute Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111850070003-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111850070003-Master_Thesis.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Pasar Tradisional merupakan third place yang seharusnya mampu memberikan rasa nyaman dalam berbelanja, umumnya digunakan sebagai tempat minum kopi dengan santai. Pasar Tradisional mulai ditinggalkan oleh masyarakat karena kurangnya kenyamanan dalam berbelanja, tingkat kriminalitas tinggi, dan kebersihan produk yang diragukan. Dari hasil survei, Pasar Besar Malang didapatkan kondisi Pasar yang kumuh dan tidak terawat, terutama dilantai 3 yang tidak digunakan dan dibiarkan terbengkalai.
Penerapan teori Persepsi Sense of Place dipilih sebagai pendekatan yang digunakan menentukan tolak ukur kenyamanan dari desain pasar sebagai pemenuh kebutuhan barang dan jasa. Alat yang digunakan dalam memperoleh data yaitu metode wawancara dan kuisioner. Forcedbased sebagai framework dari Plowright lebih berfokus pada respon tapak dan user sesuai dengan permasalahan Pasar Besar Malang, Assets berupa luasan serta bentukan yang dipertahankan serta Constrain berupa selubung yang dimiliki ditreatment guna memberikan pengoptimalan terhadap potensi eksisting yang dimiliki Pasar Besar Malang.
Dari hal tersebut, penerapan community modern market dapat menjawab issue terkait keterlibatan masyarakat dan keterikatannya dengan Pasar Besar Malang, memberikan keberlanjutan terhadap minat kunjung masyarakat. Desain yang dihasilkan diharapkan mendukung kenyamanan lewat bentukan jendela yang memaksimalkan penghawaan dan tatanan ruang ramah akses mampu mendukung kenyamanan berbelanja dan aktivitas perdagangan di Pasar Besar Malang yang berdampak pada eksistensi Pasar Tradisional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sense of Place, Pasar Besar Malang, public space, ruang publik, community modern market
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ade Fitriyanti Ulul Azmi
Date Deposited: 21 Aug 2020 04:38
Last Modified: 19 Jul 2023 15:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79030

Actions (login required)

View Item View Item