PEMETAAN PERGERAKAN SECARA DINAMIS MENGGUNAKAN WIFI UNTUK INDOOR POSITIONING SYSTEM PADA PERBEDAAN LANTAI

Suyudi, Aidil Abdillah (2020) PEMETAAN PERGERAKAN SECARA DINAMIS MENGGUNAKAN WIFI UNTUK INDOOR POSITIONING SYSTEM PADA PERBEDAAN LANTAI. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000047-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111640000047-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dimasyarakat saat ini kebutuhan masyarakat dalam menentukan posisi secara umum menggunakan GPS. Dengan menggunakan satelit yang mengorbit disekitar bumi, GPS dapat menentukan posisi pengguna. Akan tetapi dengan banyaknya gedung bertingkat yang tersedia saat ini, penentuan posisi pengguna menggunakan GPS tidak dapat dilakukan secara maksimal karena GPS hanya dapat menentukan posisi secara 2D. Oleh karena itu untuk menentukan posisi secara 3D dapat dibangun sebuah sistem dengan konsep Indoor Positioning System.
Dalam tugas akhir ini, untuk membangun Indoor Positioning System menggunakan kekuatan sinyal wi-fi, sinyal wi-fi digunakan karena kebanyakan gedung bertingkat tersedia sinyal wi-fi. Proses menentukan posisi menggunakan algoritma WKNN dan Euclidean Distance, sinyal wi-fi yang ditangkap oleh perangkat pengguna dengan data training dihitung jaraknya menggunakan Euclidean Distance, hasil dari Euclidean Distance diklasifikasikan untuk menentukan posisi pengguna. Selain itu, system ini menggunakan Symbolic Location Model untuk memodelkan bangunan menggunakan GeoJSon. Selain memodelkan bangunan, metode ini digunakan untuk menampilkan posisi pengguna di peta dengan menyesuaikan prediksi posisi pengguna dengan lokasi simbolik yang sudah tersedia.
Setelah sistem dalam tugas akhir ini dibangun, dilakukan uji coba di gedung Teknik Informatika ITS. Hal pertama dilakukan yaitu mengambil data sampel di seluruh ruang lantai 1, aula dan ruang sidang lantai 2 serta lab yang berada dilantai 3. Setelah data sampel ruangan sudah didapatkan, pengujian dilakukan dengan cara pengguna berada di suatu ruangan lalu berpindah keruangan yang berpindah lantai. Dari pengujian ini, didapatkan hasil yang diperoleh yaitu 81,8%.
==========================================================
=============
In recent era, gps usage is commonly used to determine our location, but in current technology gps is not able to determine a position of the user in building. Therefore, a system is built to gives solution in location determination in room which have more than one floor which was developed with the 3d indoor positioning system concept. Wi-fi signal is used in this indoor positioning system application to refer the current user location. Wi-fi signal is used in building, especially in the department of Informatics Engineering ITS building because it has many access points so that the wi-fi signal is widely spread. To model the department of Informatics Engineering ITS building, the geojson technology is used, and then added to geojson. The testing is done which user was in one room, then the user moved to another room especially the room in different floor. The results of testing the movement of users from one room to another room in different floors resulted 81.8% on average accuracy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: GPS, Indoor Positioning, Sinyal Wi-Fi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aidil Abdillah Suyudi
Date Deposited: 19 Aug 2020 07:28
Last Modified: 29 Aug 2023 14:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79127

Actions (login required)

View Item View Item