RANCANG BANGUN SISTEM SMART POWER DENGAN KONSEP IOT MENGGUNAKAN ARDUINO BERBASIS WEB (STUDI KASUS: DEPARTEMEN SISTEM INFORMASI ITS)

Revandhika, Naufal Ihza (2020) RANCANG BANGUN SISTEM SMART POWER DENGAN KONSEP IOT MENGGUNAKAN ARDUINO BERBASIS WEB (STUDI KASUS: DEPARTEMEN SISTEM INFORMASI ITS). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
05211640000034-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya inovasi di bidang teknologi yang terus berkembang memang dapat memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Berbagai jenis perangkat elektronik yang digunakan tentu membutuhkan energi listrik sebagai sumber tenaganya. Penggunaan perangkat elektronik yang begitu besar ini akan membawa dampak pada penggunaan listrik yang terus meningkat seiring berjalannya waktu. Departemen Sistem Informasi ITS merupakan salah satu departemen di dalam Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) yang menggunakan listrik sebagai kebutuhan utama dalam menunjang kegiatan riset dan perkuliahan. Oleh sebab besarnya kebutuhan energi listrik yang digunakan, maka perlu diterapkan sebuah sistem yang dapat mengontrol penggunaan listrik sesuai dengan kebutuhan menggunakan konsep Internet of Things (IoT). Teknologi Internet of Things (IoT) dapat diterapkan dengan menggunakan mikrokontroller yang diintegrasikan dengan sensor sebagai pendeteksi inderanya yang akan dihubungkan pada modul elektronik dan internet sebagai media komunikasi dan pengiriman data. Pada penelitian tugas akhir ini, sistem penghematan energi listrik yang dihasilkan dapat bekerja dengan menempatkan sensor Passive Infrared Sensor (PIR) di setiap ruangan untuk memantau keberadaan aktivitas manusia. Selain itu, pada sistem ini juga diaplikasikan sensor PZEM004T-V3 yang digunakan sebagai pendeteksi arus, tegangan, frekuensi, dan besaran penggunaan energi listrik pada tipe arus bolak-balik (AC). Seluruh data tersebut dikalkulasikan cukup dalam 1 sensor disetiap kelas yang selanjutnya data – data yang didapatkan dari sensor akan dikirimkan ke Arduino untuk dilakukan pemrosesan lebih lanjut. Untuk menghubungkan antara Arduino dengan web, data yang telah masuk ke Arduino akan ditransfer ke web dengan menggunakan HTTP Request. Keuntungan dengan penerapan sistem ini adalah selain mendukung upaya penghematan energi dengan mengontrol penggunaan energi listrik secara otomatis juga dapat membantu petugas yang terkait dalam melihat trend penggunaan listrik dan pengontrolan melalui web.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Arduino, HTTP Request, Internet of Things, Penghematan energi listrik, Sensor
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5103.2 Wireless communication systems. Two way wireless communication
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.585 TCP/IP (Computer network protocol)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Naufal Ihza Revandhika
Date Deposited: 19 Aug 2020 07:09
Last Modified: 19 Aug 2020 07:10
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/79141

Actions (login required)

View Item View Item