Studi Kelayakan Ekonomi Dan Lalu Lintas pada Pembangunan Flyover Ganefo Mranggen Demak

Nuryanto, Adiguna Giris (2020) Studi Kelayakan Ekonomi Dan Lalu Lintas pada Pembangunan Flyover Ganefo Mranggen Demak. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
03111640000123-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemacetan merupakan sebuah permasalahan yang umum bagi warga Demak. Salah satu hal yang menjadi penyebab kemacetan di Kabupaten Demak adalah ruas jalan yang sudah tidak mampu lagi menampung volume kendaraan yang selalu bertambah setiap harinya namun tidak dibarengi dengan adanya peningkatan fasilitas jalan. Salah satu contoh daerah rawan macet di kabupaten Demak adalah Persimpangan antara jalan dan rel kereta api Ganefo Mranggen yang berada di jalan Karangawen yang menghubungkan antara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Demak. Umumnya, kemacetan di jalan ini terjadi pada jam aktif pekerja berangkat bekerja dan pulang dari tempatnya bekerja. Berkenaan dengan hal tersebut, ada baiknya jika pemerintah Kabupaten Demak membangun infrastruktur yang mampu memecahkan permasalahan kemacetan terebut, dimana salah satu cara penanggulangan kemacetan adalah pembangunan flyover atau jalan layang di pusat kemacetan. Dengan dibangunnya flyover pada jalan Karangawen ini dihasilkan penghemat waktu tempuh pengguna jalan dengan melewati flyover dibandingkan jalan yang telah ada. Oleh karena itu Penulis bermaksud membuat Tugas Akhir mengenai Studi Kelayakan Ekonomi dan lalu lintas pada Pembangunan flyover Ganefo Mranggen Demak. Studi kelayakan ini membandingkan biaya pengguna jalan (User Cost) dengan volume kendaraan dan derajat kejenuhan (DJ) pada saat sebelum dan sesudah pembangunan flyover tersebut. Sementara studi kelayakan ekonomi ini ditinjau dari parameter BCR (rasio nilai sekarang manfaat dengan biaya) dan NPV (selisih nilai sekarang dengan manfaat biaya) dari kontruksi flyover Ganefo Mranggen ini. Metode yang digunakan untuk analisis biaya operasional kendaraan (BOK) adalah metode Jasa Marga. dan pengumupulan data dilakukan dengan metode survey traffic counting. Pada penelitian ini, didapatkan hasil perhitungan kelayakan dari pembangunan flyover Ganefo Mranggen yaitu Benefit Cost Ratio (BCR) =1,12 Net Present Value (NPV) = Rp 38.330.261.991.14. Dari hasil tersebut maka pembangunan flyover Ganefo Mranggen Demak dikatakan layak secara ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ADIGUNA GIRIS NURYANTO
Date Deposited: 20 Aug 2020 12:51
Last Modified: 20 Aug 2020 12:51
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/79313

Actions (login required)

View Item View Item