Perencanaan Gerbang Tol Semarang-Demak

S, Farida Aprillia Akbar (2020) Perencanaan Gerbang Tol Semarang-Demak. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111640000131_Undergraduate_Thesis 1.pdf]
Preview
Text
03111640000131_Undergraduate_Thesis 1.pdf

Download (88MB) | Preview

Abstract

Jalan tol merupakan jalan umum yang dilalui untuk kendaraan roda 4 atau lebih yang berfungsi sebagai jalan alternatif, pemakainya akan dikenakan kewajiban untuk membayar sesuai tarif yang telah ditetapkan oleh pengelola jalan tol tersebut. Jalan tol dibuat bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain. Oleh karena itu, jalan tol harus menyediakan arus yang bebas hambatan agar tujuan dari dibuatnya jalan tol dapat tercapai sebagaimana mestinya. Di dalam pelaksanaannya jalan tol seharusnya bebas hambatan, tetapi sering kali terjadi kemacetan. Salah satu faktor dari kemacetan adalah jumlah antrian di gerbang tol dan kurang seimbangnya gerbang tol yang dioperasikan dengan jumlah kendaraan yang masuk. Sehingga dibutuhkannya jumlah gerbang tol yang dapat memaksimalkan fungsinya yang optimum. Perencanaan gerbang tol Semarang - Demak ini merencanakan jumlah gerbang tol beserta Lay - out gerbang tol pada tahun 2020 dan 2025.
Metode yang digunakan dalam perencanaan gerbang tol Semarang – Demak adalah First In First Out untuk disiplin antrian dan Single Channel – Single Phase sebagai struktur dasar dalam proses antrian dengan menggunakan 2 sistem gerbang tol Gardu Tol Otomatis (GTO) dan On Board Unit (OBU). Metode survei yang digunakan adalah menghitung durasi waktu pelayanan menggunakan alat pengukur waktu stopwatch.
Hasil dari perencanaan gerbang tol Semarang – Demak 2020 untuk arah masuk dan keluar gerbang Tol Semarang terdapat 3 Gardu Tol Khusus, 3 Gardu Tol Otomatis dan 1 On Board Unit. Gerbang Tol Sayung terdapat 1 Gardu Tol Khusus, 3 Gardu Tol Otomatis dan 1 On Board Unit. Gerbang Tol Demak terdapat 4 Gardu Tol Khusus, 4 Gardu Tol Otomatis dan 1 On Board Unit. Pada Tahun 2025 untuk arah masuk dan keluar gerbang Semarang terdapat 3 Gardu Tol Khusus, 4 Gardu Tol Otomatis dan 1 On Board Unit. Gerbang Sayung terdapat 4 Gardu Tol Khusus, 4 Gardu Tol Otomatis dan 1 On Board Unit. Gerbang Demak terdapat 2 Gardu Tol Khusus, 3 Gardu Tol Otomatis dan 1 On Board Unit.
==================================================================================================================
Highway is a road that is used by vehicles with 2 axles or more as an alternative, driver will be given responsibilities to pay the fee that has been set by the toll gates owner. Highway is made to shorten travel time from place to place. Therefore, highway is supposed to provide obstacles free flow to reach the toll gates purpose. Highway is supposed to be freeway but traffic jam still happen frequently. One of the traffic jam factor is the unbalance of toll gates queue between the number of toll gates operating and the vehicles enter. Therefore, the optimum number of toll gates is needed to maximize highway function as a freeway. Planning of Semarang – Demak toll gate as the final project is planning the number of toll gates and the lay out in 2020 and 2025.
The method of planning Semarang-Demak toll gates is using First In-First Out (FIFO) method to discipline the queue and Single Chanel – Single Phase as the basic structures in queue process that use 2 toll gates system, automatic toll booth (GTO) system and On Board Unit (OBU) system. The survey method counts the service time duration by using stopwatch.
The results of Semarang-Demak toll gate planning in 2020 are 3 class I-type GTO, 3 GTO and 1 On Board Unit for entering and exiting from Semarang. 4 class I-type GTO, 4 GTO and 1 On Board Unit for entering and exiting from Sayung. 1 class I-type GTO, 3 GTO and 1 On Board Unit for entering and exiting from Demak. The results of Semarang-Demak toll gate planning in 2025 are 3 class I-type GTO, 4 GTO and 1 On Board Unit for entering and exiting from Semarang. 4 class I-type GTO, 4 GTO and 1 On Board Unit for entering and exiting from Sayung. 2 class I-type GTO, 3 GTO and 1 On Board Unit for entering and exiting from Demak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: perencanaan gerbang tol, gerbang tol semarang - demak, gerbang tol yang optimum, gardu tol otomatis (gto) dan on board unit (obu).
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Farida Aprillia Akbar S
Date Deposited: 20 Aug 2020 01:38
Last Modified: 08 Jun 2023 15:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79340

Actions (login required)

View Item View Item